Hard News

Musim Liburan TPU Purwoloyo Ramai Peziarah

Jateng & DIY

19 Juni 2018 22:32 WIB

Masyarakat ziarah ke makam sanak saudara. (solotrust.com/saf)

SOLO, solotrust.com- Masih berlangsungnya musim liburan sekolah sebagai rangkaian dari libur hari raya idulfitri 1439 H, Taman Pemakaman Umum (TPU) Purwoloyo di Pucangsawit, Jebres, Kota Solo yang menjadi salah satu Makam Umum Warga Kota Solo, terus ramai didatangi peziarah. Peziarah yang datang ke TPU guna menghantarkan doa bagi arwah sanak saudaranya. Keramaian di pemakaman umum seperti ini sudah menjadi tradisi untuk memanfaatkan waktu saat pulang ke kampung halaman bagi para perantau.

Para petugas makam juga berjaga menyambut kedatangan peziarah yang memang datang dari berbagai penjuru. Sunarto , salah satu petugas TPU Purwoloyo mengaku sudah bisa menyesuaikan dengan alur kedatangan para peziarah di makam ini.



“Bila dibandingkan saat acara sadranan bulan ruwah, suasana di musim libur lebaran ini lebih ramai.” Jelas Sunarto.

Seperti diketahui, Purwoloyo menjadi satu diantara pemakaman umum di Solo yang dimanfaatkan warga di kawasan Solo bagian timur. Saat ini kondisi makam sudah berjubel hingga tinggal sedikit saja lahan yang tersisa.

Salah satu rombongan peziarah yang datang memanfaatkan musim libur lebaran ini adalah keluarga Sigit Abdullah Sajad asal Pasar Kliwon, Kota Solo. Mereka mengaku sudah ketujuh kalinya memanfaatkan momentum libur lebaran untuk berziarah bersama ke TPU Purwoloyo ini.  Tak hanya orang tua, anak anak mereka juga diikuti sertakan dalam acara ziarah seperti ini.

 “Ya tidak hanya sekedar mengirim doa kepada arwah sanak saudaranya, namun juga menjaga ikatan tali persaudaraan. Mereka akan luluh hatinya bila bersama-sama ingat dengan kematian , karena ke alam bakalah semua pasti akan tertuju.” Jelas Sigit.

Keramaian di pemakaman umum Purwoloyo ini diprediksi akan terus berlangsung hingga menjelang berakhirnya musim liburan nanti, di mana saat ini para perantau masih berada di kampung halamannya, dan mengingat para leluhurnya serta sanak saudara yang dimakamkan di tempat ini. (saf)

(wd)