Serba serbi

Grup H Piala Dunia 2018: Miliki Peluang Sama

Olahraga

13 Juni 2018 03:11 WIB

Grafis: Prima/solotrust.com


SOLO, solotrust.com – Grup H diisi tim-tim yang secara nama tidak memiliki sejarah apik di Piala Dunia. Polandia, Senegal, dan Kolombia diprediksi memiliki peluang yang sama untuk lolos ke babak selanjutnya. Sementara Jepang, tampaknya agak sulit untuk bersaing meski peluang tetap masih terbuka.



Polandia datang ke Rusia dengan status juara Grup E kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa. Bintang mereka, Robert Lewandowski, tampil brilian dengan menyandang pencetak gol terbanyak selama babak kualifikasi. Pemain Bayern Munich itu mencetak 16 gol dalam 10 penampilannya. Daya dobraknya di lini depan diyakini bakal berlanjut di babak fase grup.


Senegal, di bawah asuhan Aliou Cissé mampu menunjukan tajinya hingga berhasil lolos ke Piala Dunia. Senegal menjadi wakil Afrika lainnya menyusul Nigeria dan Mesir. Mereka berhasil mengunci tiket ke Rusia usai menang 2-0 di kandang Afrika Selatan dalam babak Kualifikasi Zona Afrika.

“Kami tahu bahwa semua pertandingan akan sulit, dan saya pikir para pemain saya memiliki kualitas untuk menulis sejarah baru untuk sepak bola kami,” terang Pelatih Senegal Aliou Cissé.

Bagi Senengal, ini adalah kali kedua mereka mencicipi persaingan Piala Dunia usai yang terakhir pada edisi 2002. Penyerang Liverpool, Sadio Mané diyakini bakal menjadi tumpuan Senegal untuk bersaing di grup ini.

Sementara Kolombia, sangat bertumpu pada ketajaman James Rodriguez. Peraih Golden Boot Piala Dunia 2014 itu berambisi melanjutkan tren positifnya bermain di ajang Piala Dunia.

Bagi Kolombia, selain James, sosok yang dianggap bisa sangat berpengaruh adalah José Pékerman. Pelatih 68 tahun berkebangsaan Argentina itu memiliki pengalaman yang terbilang bagus. Sebelumnya, dia mengambil alih negaranya pada gelaran Piala Dunia 2006, setelah itu memimpin Kolombia pada 2014 hingga sekarang. Pekerman juga memiliki tiga gelar Piala Dunia FIFA U-20 bersama Argentina.

Praktis hanya Jepang yang diprediksi sulit untuk bersaing di grup ini, jika menilik segi kualitas pemain dan pelatih. Bahkan secara peringkat, skuat asuhan Akira Nishino tercecer di peringkat 61 FIFA.

Belakangan, mantan pelatih Jepang Philippe Troussier memberikan prediksi untuk tim Samurai Biru di ajang Piala Dunia 2018. Menurutnya, Jepang bakal kesulitan bersaing mengingat lawan-lawan mereka memiliki beberapa pemain berkualitas yang bisa menentukan hasil pertandingan.

“Kolombia dan Senegal punya tiga, empat, sampai lima pemain yang bisa membuat perbedaan kapan saja. Situasi itu menjadi masalah. Potensi individu yang dimiliki Senegal dan Kolombia akan sangat menyulitkan Jepang,” ujarnya.



(way)

Berita Terkait

Berita Lainnya