Serba serbi

Grup E Piala Dunia 2018: Tak Mudah Bagi Brasil

Olahraga

10 Juni 2018 02:59 WIB

Grafis: Prima/solotrust.com

SOLO, solotrust.com – Mengarungi persaingan Grup E Piala Dunia tidak lah mudah bagi Timnas Brasil. Meski diunggulkan dan memiliki pemain kelas wahid semacam Neymar, peraih lima gelar juara dunia itu diyakini bakal mendapat perlawanan kuat dari lawan-lawannya.

Bersama Brasil, Grup E diisi Swis, Kosta Rika, dan Serbia. Ketiganya merupakan tim-tim kuat yang menjalani babak kualifikasi piala dunia dengan apik.



“Jujur, tim-tim ini sangat teruji ketangguhannya saat-saat ini, jadi sangat berisiko untuk menebak akan seperti apa jalannya tiap-tiap pertandingan.Tentu saja, kami membutuhkan penyesuaian untuk tiap lawan yang akan kami hadapi. Kami akan cukup banyak belajar,” ucap Pelatih Brasil Tite.

Peran Tite di Brasil terbilang luar biasa. Sejak didatangkan pada Juni 2016, dia mampu membawa tim Samba lolos pertama ke Rusia dengan menjalani sembilan kemenangan berturut-turut. Namun di sisi lain, dia juga menyadari lawan-lawannya mampu bermain apik dalam beberapa waktu terakhir ini.


Swis yang tergabung dalam Grub B Kualifikasi Zona Eropa sebenarnya memiliki poin sama dengan pemuncak klasemen, Portugal. Selama babak kualifikasi, skuat asuhan Vladimir Petkovic tampil konsisten dengan hanya mengalami satu kali kekalahan.

Penampilan impresif Granit Xhaka semakin membuat Swis makin moncer. Gelandang Arsenal itu mampu menjadi pemain kunci Petkovic sejak gelaran Piala Dunia 2014 di Brasil.

Kosta Rika yang sebelumnya tergabung ke dalam zona Amerika Utara, Tengah, dan Karibia (CONCACAF) berhasil lolos ke Rusia menemani Meksiko dan Panama. Skuat asuhan Oscar Ramirez sukses melewati persaingan ketat selama babak kualifikasi, menyingkirkan langganan Piala Dunia, Amerika Serikat.

Pada edisi 2014, Kosta Rika secara mengejutkan berhasil melaju hingga babak perempat final. Saat itu, Bryan Ruiz menjadi pemain kunci permainan apik Los Ticos. Di babak kualifikasi lalu, gelandang serang Sporting Lisbon itu telah mencetak tiga gol bagi negaranya.

Satu tim lagi yang bisa menjadi batu sandungan bagi Brasil adalah Serbia. Skuat asuhan Mladen Krstajic tampil bagus selama babak kualifikasi. Dengan mengandalkan pengalaman sang kapten Branislav Ivanovic, Serbia berhasil menyingkirkan tim hebat lain macam Irlandia dan Wales.

Patut dinantikan, kejutan apa yang mampu diberikan tiga tim tersebut untuk peringkat 2 FIFA saat ini, Brasil?



(way)