Serba serbi

Cuti Bersama Lebaran Super Panjang, Lakukan Persiapan Ini Dulu

Tips & Trik

08 Juni 2018 02:31 WIB

Ilustrasi (pixabay.com)

SOLO, solotrust.com – Libur cuti bersama Lebaran tahun ini terbilang sangat panjang.Pemerintah telah memutuskan cuti bersama Lebaran 2018 selama tujuh hari, sehingga total libur hari raya meliputi tanggal merah menjadi sepuluh hari, mulai 11 hingga 20 Juni 2018.

Cuti bersama lumayan lama ini penting untuk disiapkan sebaik mungkin agar ketika nantinya kembali masuk kantor tidak berpengaruh pada pekerjaanmu. Nah, terkait itu ada beberapa hal perlu disiapkan menjelang cuti bersama Lebaran. Melansir HaloMoney.co.id, Kamis (07/06/2018), berikut ulasannya.



1. Buat daftar pekerjaan

Buat daftar pekerjaan atau proyek harus kamu lakukan beserta deadline-nya, ringkasan kerja, serta kontak orang yang diperlukan untuk mengerjakan pekerjaan tersebut. Hal ini penting dilakukan agar nantinya ketika waktu cuti bersama usai, kamu gampang mengembalikan fokus karena sudah ada daftar pekerjaannya. Usahakan membuat daftar pekerjaan secara berurutan mulai dari daftar pekerjaan sebelum dan sesudah cuti.

2. Selesaikan pekerjaan sebelum H-2

Selesaikan dulu pekerjaan harus dilakukan sebelum cuti. Jika waktu kerja dibutuhkan tidak mencukupi, jangan ragu untuk lembur. Buang jauh-jauh rasa malas dan bayangkan liburan cuti bersama Lebaran sudah menantimu. Paling tidak ketika H-2, semua pekerjaan sebelum cuti sudah selesai.

3. Atur balasan email dengan autoreply

Atur balasan email dengan autoreply. Dengan adanya pengaturan ini, rekanan kerja akan mengetahui kalau saat itu kamu sedang cuti bersama Lebaran dan akan kembali aktif bekerja kembali pada tanggal telah ditentukan.

4. Jangan tinggalkan meja kerja berantakan

Sebelum cuti bersama, kamu perlu membersihkan meja kerja kantor. Rapikan berkas-berkas di atas maupun di laci meja. Dengan melakukan ini, ketika nanti kamu kembali bekerja setelah cuti bisa bersemangat lagi. Meja kantor berantakan dan kotor hanya akan membuat orang semakin malas bekerja setelah cuti.

5. Tulis kata-kata motivasi di sticky note

Rasa malas ketika baru masuk kerja usai cuti bersama pasti akan dirasakan semua orang. Menghindari ini, kamu bisa meletakkan kata-kata motivasi di sticky note dan menempelnya di dinding meja, tapi jangan terlalu banyak isinya. Motivasi bisa berupa impian dan cita-cita misalkan saja kamu ingin liburan ke luar negeri atau ingin membeli gadget baru. Dengan motivasi seperti ini, kamu akan lebih giat bekerja lagi.

Itulah beberapa persiapan perlu dilakukan menjelang cuti bersama Lebaran. Manfaatkan momen cuti bersama sebaik mungkin dan semoga setelah kembali bekerja bisa tetap semangat.

(and)