Serba serbi

Hattrick! Tiga Album Shawn Mendes Berhasil Duduki Peringkat Puncak Billboard 200

Musik & Film

7 Juni 2018 18:35 WIB

Shawn Mendes (dok. Instagram @shawnmendes).


Solotrust.com – Album Shawn Mendes kembali merajai Billboard 200. Setelah dua album sebelumnya yakni ‘Handwritten’ (2015) dan ‘Illuminate’(2016) berhasil memuncaki chart Billboard 200, kini album terbarunya bertitel ‘Shawn Mendes’ yang rilis 25 Mei 2018 lalu juga berhasil menduduki chart yang sama. Dengan capaian ini, berarti sudah tiga kali albumnya menduduki chart album paling populer di Amerika Serikat tersebut.



Dirilis via Island Records, album terbaru penyanyi pria solo kelahiran 8 Agustus 1998 ini telah terjual sebanyak 182.000 unit di akhir Mei berdasarkan data Nielsen Music. Dalam jumlah itu, 142.000-nya adalah penjualan album tradisional dan sisanya dari Album Equivalent Unit yang meliputi Streaming Equivalent Albums (SEA) dan Track Equivalent Albums (TEA). SEA didasarkan pada permintaan streaming audio dimana 1500 kali streaming sama, dengan 1 unit album dan TEA dihitung dari tiap 10 lagu yang diunduh sama dengan 1 unit album. 

Dengan  hattrick ini, Shawn sekaligus berhasil mendapatkan predikat sebagai penyanyi termuda ketiga yang berhasil mendapatkan 3 kali mahkota Billboard 200. Dua penyanyi lain yang mengantongi predikat ini adalah Miley Cyrus dengan ‘Breakout’ (2008) dalam usia 15 tahun 8 bulan dan Justin Bieber dengan ‘Under the Mistletoe’ (2011) saat usianya 17 tahun 8 bulan. Shawn sendiri saat ini berusia 19 tahun 10 bulan.

Sebelum album ini rilis, Shawn juga telah terlebih dahulu merilis 5 single yakni ‘In My Blood’, ‘Lost In Japan’, ‘Youth’, ‘Where Were You In The Morning?’ dan terakhir ‘Nervous’ pada 23 Mei lalu.

Album terbaru penyanyi yang ngehits dengan lagu ‘There’s Nothing Holdin’ Me Back’ ini sendiri terdiri daftar 14 track yakni ‘In My Blood’, ‘Nervous’, ‘Lost In Japan’, Where Were You In The Morning?’, ‘Like To Be You (ft.Julia Michaels), ‘Fallin’ All In You’, ‘Particular Taste’, ‘Why’, ‘Because I Had You’, ‘Queen’, ‘Youth (ft. Khalid), ‘Mutual’, ‘Perfectly Wrong’ dan ‘When You’re Ready’. Dalam lagu ‘Fallin’ All In You’, Shawn bekerjasama dengan Ed Sheeran dalam pembuatannya. (Lin)

(wd)