Hard News

Tertimbun Longsor, 5 Penambang Emas Ilegal di Sulut Tewas

Hard News

04 Juni 2018 11:22 WIB

Tim SAR gabungan dibantu warga sekitar saat melakukan evakuasi terhadap korban longsor di Desa Bakan, Kecamatan Lolayan Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulut. (Foto: Istimewa)

SOLO, solotrust.com – Lima orang dinyatakan tewas akibat tertimbun longsor di Desa Bakan, Kecamatan Lolayan Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara (Sulut) pada Minggu (3/6/2018). Sementara satu orang hingga kini masih dalam pencarian.

Lima orang yang tewas tersebut yakni Rian Mamonto (28), Wiro Ketangrejo (26), Adi Mokodompit (26), Dodo Mamonto (45), dan Dudi Lenda (45). Sementara satu yang masih dalam pencarian bernama Molan Mamonto (55).



Keenamnya merupakan penambang emas ilegal yang tertimbun longsor. Informasi yang dihimpun solotrust.com, proses evakuasi terhadap korban yang melibatkan tim SAR gabungan berlangsung sejak Minggu sore pukul 15.00 WITA.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya menyampaikan, korban saat itu tetap bekerja saat hujan deras. Daerah penambangan itu sendiri merupakan daerah yang berbukit, tanah gembur, lereng cukup curam, dan rawan longsor.

“Korban adalah penambang emas ilegal yang tetap bekerja saat hujan deras,” katanya.

(way)