Pend & Budaya

Begini Aksi Mahasiswa Unisri Peringati Hari Lahir Pancasila

Pend & Budaya

2 Juni 2018 20:32 WIB

Mahasiswa Unisri menggelar aksi dengan membentangkan poster di Kawasan Gladag, Sabtu (2/6/2018) sore. (solotrust-adr)

SOLO, solotrust.com - Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, puluhan mahasiswa dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Slamet Riyadi (Unisri) menggelar orasi di Kawasan Gladag, Jalan Slamet Riyadi, Sabtu (2/6/2018) sore.

Mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) PPKn itu berjumlah sekitar 50 orang. Mereka mengawali aksi dengan berjalan sembari menyanyikan lagu Garuda Pancasila dan Mars Mahasiswa dengan lantang sepanjang rute aksi.



Mereka mulai berjalan dari Benteng Vastenburg menuju Bundaran Gladag, tepatnya di bawah patung Slamet Riyadi dengan membentangkan poster-poster seperti "Saya Indonesia, Saya Pancasila".


Felicia, koordinator aksi, mengatakan kegiatan ini mereka lakukan dengan tujuan untuk membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya Pancasila.

Menurutnya, jika falsafah Pancasila dilakukan sebenar-benarnya maka bangsa Indonesia menjadi bangsa yang kuat yang jauh dari penyimpangan-penyimpangan.

"Kita sebagai mahasiswa ingin membangun kesadaran dan mengingatkan kembali kepada masyarakat tentang pentingnya amalan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara kita," katanya.

"Pancasila adalah dasar ideologi negara Indonesia, untuk membangun karakter bangsa dan negara sejak dahulu kala,” imbuh perempuan yang juga sebagai Ketua HMPS PPKn Unisri itu.

Menyoal terapan Pancasila dalam masyarakat saat ini, Felicia menilai bahwa saat ini masyarakat masih kurang dalam mengimplementasikanPancasila. Ia  ingin membangkitkan Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara.

Dia menekankan, Pancasila bisa menciptakan kerukunan antarmanusia dan toleransi dalam kehidupan bernegara.

"Toleransi adalah sikap yang saling menghargai tanpa adanya diskriminasi dalam hal apapun," tutur Mahasiswi semester dua yang akrab dipanggil Feli itu.

Dirinya berharap aksi penyampaian pendapat ini dapat membuat masyarakat sadar dan kembali mengingat nilai-nilai Pancasila di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Selain melakukan orasi, puluhan mahasiswa itu juga membagikan takjil kepada masyarakat di sekitar kawasan Gladag. (adr)

(way)