Hard News

Kemenkes Siapkan 3.910 Pos Kesehatan untuk Layani Pemudik

Hard News

03 Juni 2018 07:15 WIB

Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes Bambang Wibowo (solotrust-vita)

SEMARANG, solotrust.com – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyiapkan 3.910 pos kesehatan untuk melayani pemudik Lebaran tahun 2018.

Pernyataan tersebut disampaikan Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes Bambang Wibowo usai Rapat Koordinasi Kesiapan Bidang Kesehatan Tingkat Pusat dan Daerah dalam menghadapi Hari Raya Idul Fitri 2018 di Kota Semarang, Jumat (1/6/2018).



Bambang menjelaskan, total 3.910 pos kesehatan itu terdiri dari pos kesehatan, rumah sakit, Puskesmas, balai kesehatan, dan pos kesehatan lainya.

“Lebih banyak 84 dibandingkan tahun lalu,” katanya. Hal itu dikarenakan tahun ini terjadi penambahan panjang jalan alternatif Lebaran.

Selain tenaga medis, di pos kesehatan tersebut juga akan dilengkapi prasarana kesehatan lain seperti mobil ambulans. Untuk tiap pos kesehatan sendiri diperkirakan akan dijaga tiga hingga empat tenaga medis selama 24 jam.

Selain itu untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan, pihaknya akan rutin melakukan cek kesehatan terhadap para pengemudi.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Yulianto Prabowo mengatakan, di daerahnya juga akan disiagakan 154 Puskemas dan 136 rumah sakit baik rumah sakit negeri maupun swasta selama mudik Lebaran.

“Baik rumah sakit pemerintah maupun rumah sakit swasta, semua kita libatkan,” jelas Yulianto.

Yulianto meminta agar masyarakat pemudik dapat memanfaatkan pos kesehatan ini yang siap melayani pemudik Lebaran 2018. (vita)

(way)