Hard News

Dishub Mulai Pasang 110 Rambu Pendahulu Penunjuk Jurusan

Jateng & DIY

2 Juni 2018 12:37 WIB

Sejumlah petugas Dishub Kota Surakarta saat melakukan pemasangan Rambu Pendahulu Penunjuk Jurusan (RPPJ), di pertigaan Faroka, Sabtu (2/6/2018). (solotrust.com/dit)

SOLO, solotrust.com- Jelang arus mudik saat lebaran nanti, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta mulai melakukan pemasangan Rambu Pendahulu Penunjuk Jurusan (RPPJ), di setiap pintu masuk atau pintu keluar Kota Solo. Lebaran tahun ini, ada sebanyak 110 RPPJ yang dipasang.

“Total jumlahnya ada 110 RPPJ, kalau jumlah titiknya tidak sebanyak itu. Karena kan tiap satu titik berbeda, ada yang kami pasang satu RPPJ, namun ada juga yang tiga.” Jelas Ketua Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2018 Ari Wibowo, saat dijumpai wartawan di lokasi pertama titik pemasangan, di kawasan Faroka, Sabtu (2/6/2018).



Ari menegaskan, keberadaan RPPJ itu untuk mengarahkan pemudik, sehingga bukan sebagai penunjuk jalur alternatif.

Salah satu tujuannya yakni memperlancar arus lalu lintas, terlebih lagi saat ini arus jalur arus lalu-lintas kota Solo berbeda seperti tahun sebelumnya, karena adanya pembangunan overpass di kawasan Manahan.

“Tahun ini memang lebih banyak, karena tahun lalu hanya sekitar 105 RPPJ, karena memang ada perubahan arus terkait dibangunnya overpass di Manahan, sehingga agar masyarakat tidak binggung,” kata Ari yang juga menjabat sebagai Kabid Lalu Lintas Dishub Kota Surakarta.

Seperti diberitakan Solotrust.com beberapa waktu kemarin, jika tahun ini Dishub memprediksi jumlah kendaraan yang masuk ke Solo saat mudik meningkat 3 persen dari tahun sebelumnya. Bahkan, prediksi Dishub puncak arus mudik akan terjadi pada H-2 Lebaran. (dit)

(wd)