Serba serbi

Alibaba Kembangkan Robot Pengiriman Paket

Teknologi

2 Juni 2018 07:57 WIB

Robot G Plus yang dipamerkan di KTT Logistik Cerdas Global 2018 (Alibaba)

SOLO, solotrust.com – Alibaba belakangan mengembangkan robot tanpa pengemudi guna mendukung pengiriman paket. Perusahaan e-commerce ini memamerkan robot pengiriman tanpa pengemudi yang akan membantu mengirimkan barang dibeli secara online kepada pelanggan.

Didukung kemampuan berjalan 9 mph, robot besutan Alibaba diklaim lebih nyaman, dilengkapi loker penyimpanan barang dengan fitur pengenalan wajah, serta menjanjikan mampu menjaga kiriman makanan tetap hangat.



Melansir The Verge, Jumat (01/06/2018), robot yang diberi nama G Plus saat ini sedang dalam proses pengujian di kantor pusat Alibaba di Hangzhou, sebuah kota besar terletak di Cina bagian Timur. Robot G Plus dapat membawa beberapa paket dengan ukuran berbeda dan mampu menempuh perjalanan jauh.

Menariknya lagi, kotak penyimpanan barang G Plus dapat diubah ukurannya, bergantung paket yang harus dikirimkan. Alibaba juga mengungkap robot dapat mengirim makanan segar.

Soal urusan di jalan raya, G Plus memiliki sistem navigasi built-in yang bergantung pada LIDAR untuk membuat peta 3D. Jika merasa ada lebih banyak orang dan mobil di dekatnya, robot akan mengurangi kecepatan lajunya menjadi 6,2 mil perjam untuk memberi cukup ruang pengereman. Sementara demi alasan keamanan, kecepatan maksimum G Plus dirancang sebesar 9,3 mil perjam.

Lantas bagaimana cara menerima paketnya? Gampang guys, setelah robot G Plus sampai alamat tujuan pemesan, pelanggan cuma memasukkan kode PIN dan mengambil barang kiriman. Alibaba berharap G Plus akan memulai produksi komersial akhir tahun ini.

(and)