Serba serbi

Sinyal HP di Rumah Susah? Begini Cara Mengatasinya

Tips & Trik

1 Juni 2018 05:31 WIB

Ilustrasi (pixabay.com)

SOLO, solotrust.com – Kamu tentu pernah mengalami hilang sinyal handphone (HP) saat di rumah kan? Ehm.. pastinya kesel banget ya, apalagi saat kita lagi butuh komunikasi cepat.

Perlu diketahui Solotrusters, hilang sinyal dipengaruhi sejumlah faktor. Mulai dari lokasi, operator seluler ataupun memang karena handphone lagi trouble alias bermasalah. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara guna mengatasinya. Berikut kami bagikan cara mengatasi susah sinyal di rumah, dilansir dari Teknonetwork, Kamis (31/05/2018).



Langkah pertama bisa dilakukan, yakni dengan membuka jendela kamar. Kamu juga bisa langsung keluar rumah. Ini adalah cara untuk memudahkan jaringan sinyal masuk ke dalam rumah. Sinyal memang susah masuk rumah karena harus menembus material seperti kaca, logam, tembok atau bahkan beton.

Selain itu, kamu juga bisa mengisi ulang daya baterai guna mengembalikan sinyal hilang. Penyebab susah sinyal biasanya karena baterai handphone hanya menyisakan daya beberapa persen saja alias lowbat. Dalam keadaan seperti ini, handphone akan menurunkan kinerjanya seperti mengurangi kapasitas sinyal masuk untuk menghemat baterai.

Cara selanjutnya, yakni dengan menonaktifkan mode airplane. Langkah ini seperti ketika kamu me-restart smartphone untuk mengembalikan kinerjanya. Ini menjadi cara untuk refresh sinyal hilang, sehingga jaringan ponsel kembali normal atau bahkan lebih kuat.

Solusi lain adalah dengan tidak menutupi antena handphone. Biasanya aksesori seperti case akan menghalangi masuknya sinyal ke ponsel. Bila ingin menggunakan case, pilih yang bahannya tidak terlalu tebal guna mengurangi masalah susah sinyal.

Faktor terakhir penyebab susahnya sinyal bisa jadi dari operator seluler. Ini punya andil besar dalam masalah susah sinyal saat berada di rumah. Caranya gampang, pakai saja operator SIM card yang banyak dipakai di daerah kamu. Itu artinya sinyal mereka lebih stabil.

Demikianlah beberapa langkah gampang mengatasi susah sinyal di rumah. Selamat mencoba!

(and)