Hard News

Jokowi Mengenang Dawam Rahardjo: Gagasannya Jadi Rujukan Cendekiawan Indonesia

Hard News

31 Mei 2018 22:03 WIB

Presiden Joko Widodo melayat ke rumah duka alm Dawam Rahardjo, Kamis (31/5/2018). (Foto: Biro Pers Setpres)

JAKARTA, solotrust.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenang almarhum Dawam Rahardjo semasa hidup. Menurut Jokowi, mendiang merupakan sosok cendekiawan muslim yang menjadi rujukan bagi cendekiawan lain di Indonesia.

“Kita telah sangat kehilangan seorang cendekiawan muslim yang lewat tulisannya memberikan gagasan-gagasan yang baik bagi negara ini dan menjadi rujukan bagi cendekiawan-cendekiawan di negara kita,” kata Presiden.



Jokowi melayat ke rumah duka selepas menghadiri penyerahan sertifikat hak atas tanah di Bekasi, Kamis (31/5/2018) siang. Kedatangan orang nomor 1 di negeri ini tersebut disambut anggota keluarga almarhum Dawam Rahardjo dan Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Pof. Jimly Asshidiqie.

Kata Jokowi, Dawam merupakan seorang yang kukuh menyikapi dan melawan diskriminasi. “Beliau juga dikenal dengan sikapnya yang sangat konsisten terhadap diskriminasi dan saya kira kita kehilangan beliau,” ujarnya.

Prof M Dawam Rahardjo meninggal dunia pada Rabu (30/5/2018. Almarhum meninggal pada usia 76 tahun di RS Islam Cempaka Putih, Rabu (30/5/2018). Jenazah dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (31/5/2018) siang.

(way)