Hard News

Kacang Mete Wonogiri Tetap Jadi Primadona Berlebaran

Jateng & DIY

29 Mei 2018 01:03 WIB

Pedagag kacang mete.

WONOGIRI, solotrust.com- Mendekati  lebaran, harga kacang mete asli Wonogiri sudah mulai menggila. Harga kacang mete asli wonogiri sudah mulai merangkak naik. Saat ini harga satu kilogram kacang mete super yang telah masak mencapai Rp 185 ribu/kg, sedangkan untuk yang masih mentah dengan kelas super seharga  Rp 170 ribu/kg, untuk yang kelas kondisi masak biasa Rp 175 ribu dan yang mentah Rp 165 ribu/kg.

Harga tersebut, merupakan harga yang dipatok oleh sejumlah pedagang mete di sejumlah wilayah di Wonogiri. Salah seorang pemilik kios oleh-oleh Wonogiri Linda mengaku, saat ini pihaknya melayani pembelian mete untuk jumlah puluhan kilo bahkan hingga setengah ton.  



terpisah, pedagang mete asli Ngadirojo Tatik  mengaku sehubungan harga mete terus melambung sekarang omset penjualannya juga naik.

“Harga mete terus mengalami kenaikan, sampai sekarang mete masih menjadi tanaman primadona atau produk unggulan di Wonogiri karena mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi.” Tutur Tatik.

’Saat ini di wonogiri tercatat ada 20.652 hektar tanah yang ditanami mete, dari luasan tersebut dalam kondisi cuaca normal mampu memproduksi 10.101 ton per tahun. 

(wd)