Serba serbi

Cederanya Salah Jadi Titik Awal Terpuruknya Liverpool

Olahraga

27 Mei 2018 12:43 WIB

Mohamed Salah ditarik keluar pada menit ke-31 karena cedera. (Dok Getty Images)

KYEV, solotrust.com – Real Madrid tampil perkasa kala menghancurkan Liverpool 3-1 dalam laga final Liga Champions yang digelar di NSC Olimpiyskiy Stadium, Kyiv, Minggu (27/5/2018) dini hari WIB. Sempat tertekan di awal laga, pasukan Zinedine Zidane akhirnya berhasil menang dan menorehkan sejarah sebagai satu-satunya tim yang mampu meraih trofi Champions tiga kali berutur-turut.

Tanda keterpurukan Liverpool sudah mulai tampak saat penyerang mereka Mohamed Salah ditarik keluar pada menit ke-31 karena cedera. Salah terlibat bentrok dengan Sergio Ramos hingga membuat posisi jatuhnya tidak tepat.



Meski sempat mencoba melanjutkan pertandingan, nyatanya pemain Timnas Mesir itu ditarik keluar karena cedera yang parah.

Manajer Liverpool Jurgen Klopp menyesali cederanya Salah pada babak pertama. Keluarnya Salah praktis membuat permainan The Reds berubah. Memasukan Adam Lalanan untuk menggantikan Salah pun tidak membuat perubahan yang signifikan.

“(Cederanya Salah) adalah momen besar dalam gim ini. Sialnya dia jatuh di pundaknya dan itu cedera serius. Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi jika dia bermain. Kejutannya jelas dan kami jatuh terlalu dalam,” tutur Klopp usai laga, dilansir laman uefa.com.

Salah sejatinya menjadi ujung tombak utama The Reds bersama duet Firmino dan Mane di musim ini. Ketiganya telah mencetak total 29 gol dalam gelaran Champions musim ini. Keluarnya Salah pun tampak membuat serangan Liverpool sedikit timpang.

Selain mengakui faktor keluarnya Salah berdampak besar bagi timnya, namun Klopp tak segan untuk memberikan pujian kepada Bale yang disebutnya menjadi penentu dalam laga tersebut.

“(Bale) sangat menentukan, tendangan saltonya tidak bisa dipercaya,” katanya.

Sementara dari kubu Madrid, Zidane memberikan pujian setinggi langit kepada para pemainnya. Mencapai torehan tiga kali juara berturut-turut mencapai prestasi yang diraih dengan perjuangan yang tidak mudah.

“Kami harus mengucapkan selamat kepada para pemain karena itu sama sekali tidak mudah untuk melakukan hal ini. Tidak ada kata-kata untuk menggambarkan ini. Hal yang luar biasa tentang skuat ini adalah mereka tidak memiliki impian tinggi. Mereka lapar akan lebih banyak dan mereka telah menunjukkannya hari ini,” puji mantan pemain Timnas Prancis tersebut.

Real Madrid unggul terlebih dahulu setelah Karim Benzema memanfaatkan blunder kiper Liverpool Karius pada menit ke-51. Empat menit berselang The Reds sempat menyamakan kedudukan lewat gol Sadio Mane. Namun Baleyang masuk sebagai pengganti berhasil mengunci kemenangan lewat dua  golnya pada menit ke-64 dan 83.

(way)