Serba serbi

BTS ‘Love Yourself: Tear’ Capai Ranking Tertinggi dalam Chart Album Resmi Inggris

Musik & Film

26 Mei 2018 14:32 WIB

BTS saat berada di magenta carpet BBMAs 2018 (Dok footwearnews.com)

SOLO, solotrust.com – Pada 25 Mei 2018 waktu Inggris, tangga lagu resmi di Inggris atau The Official Charts merilis beberapa ranking chart untuk Minggu ini, yakni dari 25 hingga 31 Mei 2018 mendatang.

Dalam chart tersebut, diketahui BTS berhasil menempati peringkat 10 besar, tepatnya di peringkat 8 dalam kategori album (Official Album Chart Top 100). Mereka meraihnya dengan studio album ketiga mereka ‘Love Yourself: Tear’ yang rilis 18 Mei lalu.



Capaian ini adalah yang tertinggi yang pernah diraih oleh penyanyi Korea Selatan. BTS sendiri adalah artis Korsel pertama yang pernah masuk chart ini dengan albumnya ‘Wings’ pada 2016 lalu. ‘Wings’ kala itu berhasil menempati posisi tertinggi di peringkat 62.

Setelah ‘Wings’, album Jepang BTS pertama yakni ‘Face Yourself’ juga berhasil masuk dalam chart tersebut dengan posisi tertinggi di peringkat 78. Pada September 2017 lalu, album BTS ‘Love Yourself: Her’ juga berhasil menempati peringkat 14 dalam chart yang sama.

Perlu diketahui bahwa Official Album Chart Top 100 adalah chart yang meranking 100 album terbesar di Inggris. Ranking ini didasarkan pada penjualan CD, downloads, vinyl, dan jumlah audio streaming.

Selain album, lagu utama dari album ini yakni ‘FAKE LOVE’ juga berhasil berada dalam rangking paling tinggi yang pernah dicapai BTS di sini. ‘FAKE LOVE’ berhasil berada di peringkat 42. Capaian ini lebih tinggi dari capaian sebelumnya yakni ‘Mic Drop’ yang ada di peringkat 46.

Official Singles Chart sendiri menunjukkan lagu yang paling populer di Inggris yang rangkingnya didasarkan pada penjualan download, CD, vinyl, dan audio streaming. Rekor paling tinggi untuk penyanyi Korsel dalam chart ini dipegang oleh PSY dengan ‘Gangnam Style’. Kala itu, hits tersebut berhasil menduduki peringkat 1.

BTS baru saja memenangkan satu penghargaan dalam Billboard Music Awards (BBMAs) 2018 dalam kategori ‘Top Social Artist’. BTS juga berhasil mencetak rekor baru dalam penjualan albumnya karena ‘Love Yourself: Tear’ berhasil tembus 1 juta kopi di minggu pertama sejak dirilis. (Lin)

(way)