Serba serbi

5 Menu Buka Puasa Praktis untuk Anak Kost

Wisata & Kuliner

26 Mei 2018 04:31 WIB

Nasi goreng (pixabay.com)

SOLO, solotrust.com – Soal urusan makan, anak kost biasanya lebih suka dengan hal yang praktis. Jajan di luar pun kerap kali menjadi alternatif ketimbang harus memasak sendiri. Padahal sejatinya kebersihan dan nilai gizinya belum tentu terjamin manakala makan di luar.

Nah bicara soal buka puasa, jika kamu seorang anak kost ada beberapa menu praktis bisa dimasak sendiri tanpa perlu ribet. Apa saja itu? Berikut kami sajikan lima alternatif menu buka puasa sehat dilansir dari Hello Sehat, Jumat (25/05/2018) untuk menambah referensimu.



1. Nasi goreng sayur


Nasi goreng termasuk makanan favorit banyak orang karena mudah dibuat dan tak memerlukan banyak bahan. Nah, agar lebih sehat dan lezat, tambahkan berbagai jenis sayuran ke dalam nasi goreng buatan kamu, misalnya brokoli, sawi atau kacang polong.

Saat menggoreng, pilihlah jenis minyak kelapa murni yang lebih sehat dan bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme, kekebalan tubuh dan kesehatan otak. Sajikan dengan telor (orak-arik, dadar atau ceplok) untuk menambah asupan protein setelah seharian berpuasa.

2. Telor dadar bayam jamur


Telor mengandung 75 kalori, 7 gram protein dan 5 gram lemak. Bila diperhatikan, telor tergolong rendah kalori dan tinggi protein, sehingga sangat baik bagi kamu yang sedang berpuasa. Telor juga mengandung lutein dan zeaxanthin, dua senyawa penangkal penyakit yang bisa membuat tubuh tetap segar, meski sedang berpuasa.

Kamu bisa membuat sajian telor dadar isi bayam jamur sebagai menu buka puasa sehat hari ini. Ketika telor diolah dengan tambahan bayam dan jamur, sajian ini akan memberikan 240 kalori, 24 gram protein, bahkan memenuhi 74 persen kebutuhan vitamin A harian.

3. Steak tempe


Tempe memiliki kadar protein tinggi dan terbukti dapat membantu menurunkan kolesterol serta mengendalikan produksi insulin. Mengonsumsi dua potong tempe hampir sama seperti saat kamu makan satu potong daging yang mengandung 95 kalori.

Nah, agar tak kalah mewah seperti steak pada umumnya, lengkapi steak tempe dengan wortel, kentang dan buncis yang dipotong memanjang dan direbus. Menu buka puasa sehat ini bisa membuatmu kenyang lebih lama lho.

4. Tumis kangkung


Sayuran hijau satu ini banyak mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh kamu selama berpuasa. Dalam satu porsi (100 gram) sayur kangkung mengandung 25 kalori, 1 gram protein dan 5 gram karbohidrat. Kangkung juga memiliki sejumlah karoteinoid dan asam folat yang dapat membantu pembentukan sel darah merah. Dengan makan tumis kangkung saat berbuka puasa, kamu akan terhindar dari gejala anemia.

5. Salad buah


Sajikan salad buah sebagai menu buka puasa sehat nan praktis ala anak kost. Cara membuatnya sangat gampang. Kamu hanya perlu menyiapkan buah-buahan favorit ke dalam satu mangkuk, lalu tambahkan beberapa sendok yogurt supaya lebih sehat.

Mengapa harus yogurt? Yogurt mengandung probiotik alias bakteri baik yang dapat menjaga kesehatan usus. Akibatnya, proses metabolisme dalam tubuh akan meningkat dan membuat berat badan kamu tak lekas naik saat berpuasa.

Demikianlah lima menu sehat dan praktis untuk berbuka puasa. Semoga bisa bermanfaat dan menambah referensi kamu. Selamat berpuasa!

(and)