Serba serbi

Danau Toba Hadirkan Paket Wisata Spesial untuk Wisatawan Asian Games 2018

Wisata & Kuliner

24 Mei 2018 17:00 WIB

Pesona keindahan Danau Toba (Dok maritim.go.id).

JAKARTA, solotrust.com – Sebagai salah satu destinasi wisata prioritas di Indonesia, Danau Toba yang merupakan danau terbesar di Indonesia siap memanjakan wisatawan dengan kecantikannya, termasuk dalam rangka Asian Games 2018.

"Asian Games merupakan momentum yang baik untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. Sekaligus mendulang wisatawan mancanegara. Ini harus kita maksimalkan. Apalagi Danau Toba merupakan salah satu dari 10 destinasi wisata prioritas,"  kata Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BOPDT) Arie Prasetyo, Selasa (22/5/2018) seperti dilansir laman berita Kemenpar.



Ada dua paket perjalanan wisata Danau Toba yang nantinya akan dipasarkan kepada para wisatawan Asian Games 2018. Paket tersebut adalah Fantastic Toba dan Amazing Lake Toba yang berdurasi lima hari empat malam.

Destinasi yang ditawarkan dalam paket tersebut antara lain Brastagi, Parapat, dan Pulau Samosir yang kesemuanya akan dieksplorasi habis. Suguhan panorama alam yang memukau, kekayaan budaya Batak yang begitu kental dan city tour ke Kota Medan menjadi daya tarik tersendiri dari paket wisata tersebut.

Harga yang ditawarkan pun sangat menggiurkan. Paket Fantastic Toba di bandrol dengan harga US$486 per pak. Sedangkan paket Amazing Lake Toba telah di bandrol dengan harga US$450 per pak.

"Langkah strategis ini tentunya akan kita dukung. Segala persiapan yang dibutuhkan akan kami koordinasikan dengan stakeholder terkait. Sehingga nantinya ini menjadi sebuah stimulus untuk mengangkat pariwisata Danau Toba. Apalagi Obor Asian Games juga akan mengunjungi Danau Toba pada akhir Juli nanti,"  jelas Arie.

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, kehadiran Asian Games 2018 ini adalah saat yang tepat untuk membawa dunia ke Indonesia sehingga harus dimanfaatkan untuk menambah pundi-pundi wisatawan.

Selain itu, pemilihan Danau Toba sebagai salah satu paket yang dijual dinilai sangat tepat. Selain dikaruniai pesona alam dan budaya yang luar biasa, secara infrastruktur Danau Toba juga sudah sangat mumpun, baik itu aksesibilitas maupun amenitasnya. Hal ini terlihat dari performa positif yang dibukukan pariwisata Danau Toba.

Tercatat pada tahun 2015 kunjungan wisatawan ke Danau Toba mencapai 171.000 orang. Tahun 2016 meningkat menjadi 190.000 orang dan tahun lalu mencapai lebih dari 200.000 orang.

"Kemaslah pariwisata Indonesia dengan indah, karena Asian Games merupakan momentum untuk mendongkrak pariwisata Indonesia. Bagi saya bukan masalah Ringgit Malaysia, Dollar Singapura, atau Yen Jepang berputar di Indonesia. Yang penting hasilnya dapat dinikmati masyarakat Indonesia. Jadi mari kita jadikan Asian Games ajang untuk sukses. Sukses prestasi dan juga sukses perekonomian," tutur Menpar. (Lin)

(way)