Serba serbi

3 Manfaat Berpuasa Bagi Tubuh yang Perlu Kamu Tahu

Olahraga

24 Mei 2018 03:11 WIB

Ilustrasi (shutterstock)

SOLO, solotrust.com – Selama berpuasa, kita diharuskan menahan lapar dan dahaga sejak waktu Subuh hingga beduk Magrib. Otomatis dalam kurun waktu kurang lebih 13 jam tersebut (bagi warga Indonesia), tidak ada makanan atau pun minuman yang masuk ke dalam tubuh.

Lantas apakah itu akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh?



Ternyata dengan berpuasa, justru tubuh melakukan berbagai proses alami yang semakin menyehatkan. Dikutip dari unggahan Instagram Kementerian Kesehatan, Selasa (22/5/2018), ada tiga manfaat dari seseorang berpuasa.

Pertama, selama berpuasa ternyata tubuh kita melakukan suatu proses yang disebut detoksifikasi. Yakni pembuangan za-zat atau racun yang tidak diperlukan tubuh, bahkan secara optimal.

Kedua, sel-sel dalam organ tubuh akan melakukan regenerasi selama kita berpuasa. Regenerasi yang dimaksud adalah adanya pembaruan sel dengan baik.

Ketiga, nyatanya dengan berpuasa bisa memperkuat kekebalan tubuh kita. “Dengan berpuasa dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh di mana fungsi dari sel-sel getah bening akan membaik 10 kali lipat,” tulis dalam unggahan tersebut.

Jadi, bagi orang sehat yang berpuasa tak perlu lagi merasa khawatir ya.

(way)