Jumat , 19 Oktober 2018

Puasa Hari Pertama, Coba Tips Ini Agar Kamu Tidak Telat Bangun Sahur

16 Mei 2018 21:02 WIB


Ilustrasi (Freepik)

SOLO, solotrust.com – Bulan Puasa sudah tiba. Mulai Kamis (17/5/2018), Pemerintah Indonesia menetapkan sebagai hari pertama puasa di tahun 1439 H.

Ibadah puasa di hari pertama biasanya membuat orang cukup kaget, terutama saat bangun sahur. Tak jarang ada beberapa orang yang justru bablas bangun saat Subuh.



Nah, bagi yang susah bangun atau takut telat bangun sahur, bisa lakukan beberapa tips dari solotrust.com berikut ini yang diolah dari berbagai sumber:

1. Niatkan untuk sahur
Sebelum tidur, tanamkan niat untuk bisa bangun sahur. Niatkan dalam hati agar kamu bisa bangun. Jangan lupa, selalu iringi tidurmu dengan doa agar tidak mimpi buruk.

2. Tidur lebih awal
Jika biasanya kamu tidur larut malam, usahakan bagi yang susah bangun untuk bisa tidur lebih cepat. Usai menjalani Salat Tarawih dan tadarus Alquran, biasakan untuk tidak begadang larut malam. Tujuannya agar kamu punya waktu tidur yang cukup dan gampang bangun saat sahur.

3. Jangan makan terlalu banyak dan terlalu kenyang
Untuk hal ini bisa lebih diperhatikan. Puasa memang biasanya membuat kita lapar sehingga makan terlalu banyak saat berbuka. Namun sebisa mungkin kamu jangan makan terlalu banyak, terutama menjelang tidur. Makan terlalu banyak hingga kekenyangan bisa membuat kamu malas bangun.

4. Jangan minum kopi
Bagi yang memiliki kebiasaan begadang dan minum kopi jelang larut malam, lebih baik hentikan kebiasaan kamu ini jika tidak ingin telat bangun sahur. Kopi mengandung kafein yang memiliki zat stimulan meningkatkan kewaspadaan dan menghilangkan rasa kantuk.

5. Pasang alarm lebih dari satu
Untuk mengantisipasi bagi kamu yang benar-benar susah bangun, ada baiknya memasang alarm lebih dari satu. Hal ini perlu kamu siapkan agar kamu bisa terbangun mana kala alarm yang pertama tidak berhasil.

Selamat berpuasa..

(way)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com