Serba serbi

Pengin Hapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root? Begini Caranya

Tips & Trik

11 Mei 2018 08:19 WIB

Ilustrasi (pixabay.com)

SOLO, solotrust.com - Setiap smartphone Android, terutama tidak menggunakan tampilan antarmuka Android One atau Pure Android umumnya memiliki beragam aplikasi bawaan terinstal di dalamnya. Ada yang berguna dan tidak, aplikasi biasa disebut bloatware itu memakan storage cukup besar.

Nah, jika smartphone kamu punya banyak bloatware dan ingin menghilangkannya, bisa coba cara berikut sebagaimana dilansir dari laman droidlime.com, Kamis (10/05/2018).



Pertama-tama buka ‘Setting’ > ‘Apps’ lalu cari aplikasi yang ingin kamu hilangkan. Klik tombol ‘Disable’ untuk menonaktifkan aplikasinya dan aplikasi tersebut akan downgrade ke posisi awalnya.

Dengan klik tombol Disable, secara otomatis aplikasinya nggak akan muncul lagi di halaman homescreen dan tidak akan melakukan update otomatis dari Play Store. Meski tak benar-benar bisa dihapus, setidaknya dengan menonatifkan aplikasinya, ruang penyimpanan terpakai tidak lebih besar dibanding saat aplikasi itu masih aktif.

Khusus bagi kamu yang sudah root Android, bisa menghapus aplikasi bawaan tersebut hingga ke akar-akarnya menggunakan bantuan aplikasi System App Remover. Selamat mencoba!

(and)