Hard News

Jelang Kirab Ageng, Begini Kondisi Keraton Kasunanan Surakarta

Jateng & DIY

04 Mei 2018 17:37 WIB

Kawasan Keraton Kasunana Surakarta jelang Kirab Ageng Tingalan Dalem Jumenengan ke-14 Raja Keraton Surakarta SISKS Paku Buwono (PB) XIII, Sabtu (5/5/2018) sore.

SOLO, solotrust.com - Sebanyak 4.000 orang bakal mengikuti Kirab Ageng Tingalan Dalem Jumenengan ke-14 Raja Keraton Surakarta SISKS Paku Buwono (PB) XIII pada Sabtu (5/5/2018) sore.

Tak heran jika kirab yang akan diikuti oleh seluruh kerabat kerajaan, abdi dalem hingga masyarakat ini, sudah dinantikan. Pasalnya sudah enam tahun kirab ini tak dilaksanakan.



Pengageng Parentah Keraton Kasunanan Surakarta KGPH Dipokusumo mengatakan, kirab Ageng ini merupakan rangkaian kegiatan saat Tingalan Dalem Jumenengan beberapa waktu lalu.

Baca juga : Tingalan Jumenengan Pakubuwono (PB) XIII

”Ini akan menjadi momen spesial, karena sudah enam tahun tidak digelar,” jelasnya kepada wartawan.

Pantuan Solotrust.com, pada Jumat (4/5/2018) siang, kawasan Keraton sudah dihiasi dengan janur. Bahkan, di depan kawasan Keraton semua bagian dihias janur.

Dengan adanya janur ini, penanda jika Keraton Kasunanan Surakarta akan menyelenggarakan hajatan atau punya gawe.

Baca juga : Tingalan Dalem Jumenengan Ke-14 Paku Buwono XII Berjalan Lanjar

Sementara itu salah seorang Kerabat Keraton Kasunanan Surakarta Kanjeng Adipati Sosro Negoro menambahkan, jika peserta 4.000 kemungkinan masih akan bertambah. Karena memang mendapatkan animo luar biasa dari masyarakat. (dit)

(way)