Hard News

SMMPTN Buka Kuota Pendaftaran 30% dari Masing-masing PTN

Hard News

3 Mei 2018 21:31 WIB

Ilustrasi (pixabay.com)

JAKARTA, solotrust.com – Program Seleksi Masuk Mandiri Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMMPTN-Barat) 2018 kembali dibuka. Para peserta calon mahasiswa memiliki opsi memilih program studi dari perguruan tinggi lain diminatinya, seperti ditawarkan pada program SBMPTN. Kuota ditetapkan masing-masing PTN sebanyak 30 persen.

Ketua SMMPTN-Barat 2018, Samsul Rizal, mengatakan kegiatan ini merupakan tahun kedua. Kali ini SMMPTN dibuka mulai 3 Mei 2018 hingga 10 Juli 2018.



“Pada 2017 ada 28.750 pendaftar SMMPTN dan yang diterima ada 14,400 orang. Jumlah kuota dari masing-masing perguruan tinggi adalah 30%,” ungkapnya pada acara Peluncuran SMMPTN-Barat 2018, baru-baru ini, dilansir dari laman resmi Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI, ristekdikti.go.id, Kamis (03/05/2018).

Ketua BKS, Syafsir Akhlus, menambahkan tahun ini ada 15 perguruan tinggi dari 32 perguruan tinggi yang sudah tergabung dalam SMMPTN. Adapun 15 PTN tergabung dalam penyelenggaraan SMMPTN-Barat 2018, yakni Universitas Syiah Kuala, Universitas Andalas, Universitas Jambi, Universitas Lampung, Universitas Bengkulu, Institut Seni Indonesia Padangpanjang, Universitas Palangkaraya, Universitas Malikussaleh, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Universitas Bangka Belitung, Universitas Teuku Umar, Institut Teknologi Sumatera, Institut Seni dan Budaya Indonesia Aceh dan Universitas Samudera.

“Calon mahasiswa Bidikmisi pun dapat mengikuti seleksi SMMPTN selama kuota yang disediakan masih mencukupi,” kata Syafsir Akhlus.

SMMPTN-Barat 2018 merupakan seleksi calon mahasiswa baru jalur mandiri, penyelenggaraannya dilakukan secara bersama antarperguruan tinggi negeri, tergabung dalam Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (BKSPTN-Barat). Penyelenggaraan seleksinya dilakukan berdasarkan hasil ujian tertulis atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa, dilakukan secara bersama di bawah koordinasi panitia SMM PTN-Barat.

Adapun informasi pendaftaran dapat dilihat di laman www.smmptnbarat.id dan website masing-masing perguruan tinggi peserta SMMPTN-Barat 2018.

(and)