Hard News

Tahun Ini, Pemerintah Siapkan Prosedur Pengangkatan Guru Honorer

Hard News

3 Mei 2018 22:35 WIB

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. (Dok Kemdikbud)

JAKARTA, solotrust.com – Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) tahun ini tengah menyiapkan prosedur pengangkatan guru honorer.

Mendikbud Muhadjir Effendy mengatakan, urusan guru akan menjadi salah satu prioritas pemerintah tahun ini, khususnya mengenai tata kelola guru dan status (kepegawaian) guru. Muhadjir memaparkan, berdasarkan data, hampir setengah dari guru yang bertugas saat ini berstatus guru honorer.



Jelasnya, ada beberapa hal yang menyebabkan jumlah guru honorer tinggi di daerah-daerah. Salah satunya adalah keputusan sekolah yang mudah mengangkat guru honorer.

“Kepala sekolah mengambil jalan pintas, yaitu mengangkat guru honorer,” katanya usai upacara Hari Pendidikan Nasional 2018 di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Rabu (2/5/2018), dilansir laman Kemdikbud.

“Karena itu akan kita urai tahun ini, mudah-mudahan. Kuncinya ya mengangkat guru PNS (pegawai negeri sipil) atau PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja),” ujarnya.

Tambahnya, untuk urusan jumlah yang diangkat, skema pengangkatan, dan prosedur, nantinya diserahkan ke Kemenpan RB. Dirinya berharap tahun ini akan banyak guru honorer yang bisa diangkat.

(way)