Hard News

Hardiknas 2018, Wali Kota Surakarta Tekankan Penguatan Kebudayaan dan Pemerataan Pendidikan

Jateng & DIY

2 Mei 2018 12:23 WIB

Suasana upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018 di Stadion Sriwedari, Rabu (2/5/2018). (solotrust.com/vin)


SOLO, solotrust.com - Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018 yang digelar di Stadion Sriwedari, Rabu (2/5/2018) berlangsung khidmat. Ribuan peserta upacara yang terdiri dari guru dan siswa itu nampak antusias mengikuti peringatan Hardiknas yang mengambil tema "Menguatkan Pendidikan Memajukan Kebudayaan" itu.



Tepat pukul 08.00 WIB, upacara peringatan Hardiknas itu dimulai dengan Tarian Kidang persembahan Dinas Kebudayaan (Disbud) Surakarta. Para penari cilik itu nampak luwes menarikan tarian kidang itu. Untuk kesekian kalinya, penampilan seni tari selalu hadir diawal kegiatan yang diselenggarakan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

"Seni dan budaya itu pasti kita tampilkan di depan, ini sebuah ajakan dalam membangun karakter bangsa yang berkepribadian kebudayaan. Kalau di Solo sudah mulai sejak 2005 tentang penguatan pendidikan dan kebudayaan," kata Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo saat ditemui usai upacara peringatan Hardiknas 2018, Rabu (2/5/2018).

Menurut Rudy, pendidikan dan kebudayaan sesuatu yang tidak terpisahkan. Memajukan kebudayaan, kata Rudy, tidak hanya di dunia pendidikan saja tapi bisa dilakukan di berbagai macam elemen, seperti elemen pemerintah, masyarakat hingga sanggar seni. Tak hanya sektor kebudayaan yang digembleng, Pemkot saat ini tengah berupaya melakukan pemerataan pendidikan di Kota Bengawan.

"Untuk penguatan pendidikan, salah satunya dengan adanya zonasi dan pemerataan infrastruktur. Tenaga pendidikan juga kurang, kalau moratorium tidak dicabut mau penguatan pendidikan dan memajukan kebudayaan dari sumber daya yang mana," tandas Rudy. (vin)

(wd)

Berita Terkait

Berita Lainnya