Hard News

Heboh Cewek Cantik Masak Satwa Dilindungi, PPC Trans7 Kena Semprit

Hard News

27 April 2018 21:05 WIB

Tayangan Para Petualang Cantik (PPC) Trans7

JAKARTA, solotrust.com – Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat memberi surat peringatan untuk program siaran Para Petualang Cantik (PPC) Trans7, Kamis (26/04/2018). Peringatan diberikan lantaran program PPC disiarkan pada Minggu (22/04/2018) menampilkan adegan memasak kima, sejenis kerang langka dan dilindungi. 

Komisioner KPI Pusat, Nuning Rodiyah mengatakan, kima merupakan satwa dilindungi sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa. Selain tidak sesuai dengan peraturan, tayangan memasak kima tidak memerhatikan ketentuan tentang pelarangan adegan kekerasan, terdapat dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) KPI Tahun 2012.



“Kami menilai muatan mengonsumsi satwa dilindungi berpotensi melanggar Pasal 23 huruf d SPS KPI Tahun 2012, tentang larangan program siaran menampilkan peristiwa dan tindakan sadis terhadap hewan. Berdasarkan hal itulah, KPI Pusat memutuskan untuk memberikan peringatan pada program PPC Trans7,” jelasnya, dilansir dari laman resmi Komisi Penyiaran Indonesia, kpi.go.id, Jumat (27/04/2018).

Menurut Nuning Rodiyah, sebaiknya setiap tayangan harus menunjukkan hal mendidik dan jangan sampai bertolak belakang dengan kebijakan pemerintah. Terutama dalam kaitan program melestarikan satwa dilindungi.

“Kami berharap hal ini menjadi perhatian Trans7 dan juga lembaga penyiaran lainnya agar berhati-hati,” tandasnya.

Dikutip dari beberapa sumber, kima adalah kerang raksasa dengan berat mencapai 250 kg dengan usia mencapai seratus tahun. Kima memiliki nama lain Tridacna dan Giant Calm. Kima berasal dari keluarga kerang-kerangan.

Beberapa jenis kima sudah hilang dari perairan. Itu sebabnya, pemerintah melalui Peraturan Pemerintah No 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan dan Jenis Tumbuhan dan Satwa memasukkan ketujuh jenis kima yang hidup di Indonesia menjadi hewan dilindungi.

Selain itu, perkembangan kima termasuk lambat dari fase telur hingga mempunyai cangkang. Kima juga rentan dimangsa predator. Tercatat dari jutaan sel telur dihasilkan kima dewasa, hanya puluhan ekor saja mampu bertahan hingga memiliki cangkang. Kima hanya bisa berkembang biak di lautan bersih dan tidak tercemar.

(and)