Hard News

Dorong Peran Masyarakat Awasi Keuangan Negara, BPK Gelar Festival Film

Hard News

26 April 2018 18:35 WIB

Ketua BPK RI, Moermahadi Soerja Djanegara.

JAKARTA, solotrust.com- Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) bekerjasama dengan United States Agency for International Development (USAID) kembali menggelar festival film kawal harta negara (FFKHN).

Kegiatan yang akan dilaksanakan di enam provinsi di Indonesia tersebut di launching langsung oleh ketua BPK RI, Moermahadi Soerja Djanegara dan didampingi oleh wakilnya, Bahrullah Akbar. Hadir pula sebagai Ketua Juri Festival Film, Slamet Rahardjo di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Selasa (24/4/2018).



Dalam sambutannya, Moermahadi menyampaikan kegiatan FFKHN ini dalam rangka mendorong kesadaran masyarakat terhadap pengawasan keuangan negara.

"FKKHN upaya bersama BPK dengan USAID melalui program cegah untuk mendorong kesadaran dan keterlibatan masyarakat dalam memahami tugas dan peran BPK mengawal harta negara," jelas Moermahadi.

Moermahadi menambahkan melalui Festival Film tersebut tentu akan lebih mudah dalam mengedukasi masyarakat dalam mengawal harta negara.

"Festival Film menjadi sebuah alternatif media edukasi mengawal harta negara," imbuhnya.

Sebagai lembaga pengawal harta negara, BPK memandang FFKHN memiliki nilai yang sangat strategis untuk melibatkan seluruh lapisan masyarakat bersama-sama mengawal harta negara.

"Kawal harta negara bukan tugasnya BPK, bukan tugasnya KPK, bukan tugasnya BPKP tapi tugas semua masyarakat bagaimana mengawal harta negara," pungkasnya.

Dalam festival film kawal harta negara 2018 kali ini kategori yang dikompetisikan antara lain film fiksi, film dokumenter, dan video journal.

(wd)