Serba serbi

Peringati Hari Kartini, Film Kartini Tayang di Texas

Musik & Film

25 April 2018 11:48 WIB

(Dok Instagram @kartinifilm)

SOLO, solotrust.com – Selain diputar di markas PBB di New York, film Kartini garapan sutradara Hanung Bramantyo juga diputar di salah satu universitas terkemuka di Amerika Serikat yakni Rice University, Houston, Texas, bertepatan dengan hari Kartini yang jatuh 21 April lalu.

Acara pemutaran film tersebut terselenggara berkat kerja sama KJRI Houston dengan Rice University Cinema. Hanung juga hadir dalam acara tersebut.



“40 jam perjalanan dibela-belain dari Jakarta ke tempat ini untuk share film Kartini. Ibu Kartini emang luar biasa impact-nya. Terima kasih buat semua yang mendukung film ini. Sampai hari ini, setelah setahun lebih selesai dibuat dan tayang, masih ada yang mau muter sambil ajak2 pembuatnya, hehee. Selamat Ulang Tahun Raden Ajeng Kartini. Doa yang tulus untukmu, dari kami anak2 Indonesia yang terus mengenang perjuanganmu,” tulis Hanung dalam Instagram pribadinya.

Pemutaran film yang menceritakan perjuangan emansipasi wanita tersebut dihadiri sekitar 200 orang dari kalangan universitas, pengusaha, dan masyarakat Indonesia. Pemutaran film ini sekaligus juga yang pertama kalinya di Rice University Cinema.

Dilansir dari laman perwakilan KJRI Houston dalam kemlu.go.id Rabu (25/4/2018), dalam sambutannya Konjen RI Houston, Dr Nana Yuliana menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya promosi Indonesia melalui diplomasi publik.

Kegiatan ini juga akan rutin dilakukan dalam rangka mempromosikan film Indonesia dan membuktikan bahwa Indonesia memiliki industri perfilman yang berkembang dan sutradara yang berbakat. Tentunya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan mutual understanding dan people connectivity antarnegara.

Masyarakat Indonesia di luar negeri pun sangat antusias dengan pemutaran film ini, terutama untuk mengobati mengobati rasa rindu menonton film Indonesia. Selain itu, alur cerita Kartini yang dikemas dengan apik juga menambah suasana haru para penonton. Terlihat betapa gigihnya perjuangan Kartini pada masa itu untuk memperjuangkan kesetaraan wanita.

Setelah pemutaran film, Hanung juga berkesempatan untuk melakukan diskusi interaktif dengan para penonton. Mereka sangat mengapresiasi hasil karya Hanung dalam menceritakan sejarah perjuangan Kartini yang dikemas kental dengan budaya Jawa.

Dalam diskusi tersebut, Hanung berpesan agar Kartini tidak hanya diperingati setiap tahun melainkan setiap hari kepada seluruh perempuan Indonesia. Di sela-sela acara, Hanung juga berkesempatan bertemu dengan Direktur Rice Cinema dan Houston Cinema Art Society guna menjajaki peluang kerja sama di bidang perfilman.

Baca juga : Keren! Film Kartini Karya Hanung Bramantyo Bakal Diputar di PBB

Sebelumnya, film Kartini yang tayang di Tanah Air pada April 2017 lalu juga telah “jalan-jalan” ke Amerika Serikat. Awal Desember 2017, film ‘Kartini’ diputar di empat kota besar di Amerika yakni Los Angeles, San Fransisco, New York, dan Philadelphia.

Diangkat dari kisah nyata Raden Ajeng Kartini (R.A. Kartini), film Kartini diperankan oleh Dian Sastrowardoyo (Kartini), Acha Septiasa (Roekmini), Ayushita Nugraha (Kardinah), dan Christine Hakim (Ngasirah/Ibu Kartini). (Lin)
Caption: Film Kartini (dok instagram @kartinifilm)

(way)