Hard News

Masuki Masa Birahi, Rusa Jantan Taman Balekambang Menyerang Pengunjung

Jateng & DIY

24 April 2018 21:05 WIB

Rusa Taman Balekambang


SOLO, solotrust.com- Pihak pengelola Taman Balekambang mengimbau kepada pengunjung untuk mewaspadai keberadaan hewan rusa, khususnya rusa jantan di kawasan tersebut. Pasalnya, pada Minggu (22/4/2018) kemarin, ada seekor rusa jantan yang menyerang pengunjung.



Kepala UPT Kawasan Wisata Dinas Pariwisata Kota Surakarta Sumeh menerangkan, seekor rusa jantan yang menyerang pengunjung tersebut, karena rusa itu memasuki masa sirklus birahi hewan. Sehingga ketika merasa terganggu, rusa tersebut berpotensi melukai pengunjung.

“Kemarin rusa jantan menyerang dua pengunjung, ya saat itu memang sedang ramai-ramainya, kan bertepatan dengan hari libur,” terangnya kepada wartawan, Senin (23/4/2018) kemarin.


Sumeh menambahkan, pada bulan tertentu seekor rusa jantan memasuki masa birahi.

“Memang, bulan-bulan seperti ini, rusa jantan sedang birahi. Antara bulan Februari-April dan September-Desember masa birahinya. Biasanya, ditandai dengan tanduk rusa lebih tajam, karena digesek-gesekan ke pohon guna menarik lawan jenisnya,” jelasnya

Berdasarkan keterangan Sumeh, saat ini ada sebanyak 23 rusa. Dimana 11 rusa diantarannya berjenis kelamin jantan. Guna kejadian tak terulang, pihaknya melakukan sosialisasi dengan menempel sejumlah poster pemberitahuan hingga melalui pengeras suara. (dit)

(wd)