Hard News

Diduga Ikut Kampanye Cabup, Sejumlah ASN di Karanganyar Dilaporkan ke Panwaslu

Jateng & DIY

24 April 2018 14:49 WIB

Agung Sutrisno saat melaporkan dugaan adanya ASN yang ikut ke kampanye cabup ke panwaslu Karanganyar. (solotrust.com/joe)

KARANGANYAR, solotrust.com- Calon Bupati Karanganyar nomor urut 2 Juliyatmono bersama sejumlah Aparatur Negara Sipil (ASN) Karanganyar, dilaporkan warga Ngargoyoso Agung Sutrisno ke Panitia Pengawas Pemilu (panwaslu) Karanganyar.

Agung Sutrisno melaporkan sejumlah ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karanganyar yang di nilai telah memberikan dukungan ke calon bupati nomor urut 2 Juliyatmono secara terang terangan.



Dalam laporannya ke Panwaslu Karanganyar, Agung mengatakan bahwa laporannya ini dibuktikan dengan kehadiran Juliyatmono sebagai pembicara utama di acara islamic idol di Gedung Serba Guna Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso pada hari selasa 17 april yang lalu. Dalam acara tersebut Agung menuding Juliyatmono telah mengajak atau mengarahkan para peserta agar memilih dirinya selaku calon bupati di Pilkada 2018 di Karanganyar. Dalam laporannya Agung juga membawa bukti rekaman video dan foto saat acara islamic idol.  

Agung menambahkan bahwa ASN yang juga dilaporkan antara lain Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Titis Sri Jaswoto, Camat Ngargoyoso Edi Sukiswadi , Kades Girimulyo Suparno, serta pejabat yang mewakili Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Karanganyar termasuk Kepala SMKN Ngargoyoso, Kepala SMA N 2 Karanganyar serta sejumlah guru di SMKN Ngargoyoso.

“saya melaporkan ke panwaslu tentang adanya dugaan pelanggaran pIlkada di Karanganyar, khususnya yang dilakukan oleh beberapa ASN, camat, kepala dinas, kepala sekolah SMA, kemudian kepala desa, kepala SMK, guru-guru pada saat itu memakai seragam lengkap Korpri mengikuti kampanye salah satu paslon dari saudara Drs Julyatmono MM, yang lebih dikenal dengan Yuro.” Jelas Agung

Selain mengirimkan laporan ke Panwaslu, Agung Sutrisno juga mengirim surat tembusan ke Kementrian Pan dan RB, PJS Bupati Karanganyar serta Sekda Karanganyar. Pihaknya berharap Panwaslu dapat bekerja profesional dan netral dalam menjalankan tugasnya.  

Sementara itu Ketua Panwaslu Karanganyar Kustawa Esye mengatakan bahwa dirinya mengaku sudah menerima laporan yang diajukan warga tersebut, selanjutnya Panwaslu akan segera mengadakan rapat pleno menyikapi laporan tersebut dan pihaknya akan melakukan tahapan sesuai prosedur dengan memintai keterangan ke sejumlah saksi saksi.

“laporan sudah kita terima, semua laporan dari masyarakat, tim kampanye paslon, tim sukses atau paslon sendiri kan kwajiban panwas untuk segera menindaklanjuti, dengan laporan hari ini mungkin hari ini juga akan kita adakan pleno dengan Komisioner Panwas apakah laporan tersebut sudah memenuhi unsur-unsur yang disampaikan termasuk bukti material laporan sudah ada apa belum, kalau sudah ada ya segera kita tindak lanjuti.” Jelas Kustawa. (joe)

()