Hard News

Tertarik Film? Ini Dia Beasiswa Unggulan untuk Lulusan SMA

Hard News

16 April 2018 22:22 WIB

Ilustrasi (pixabay.com)

JAKARTA, solotrust.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka seleksi Beasiswa Unggulan 2018. Program beasiswa ini merupakan kerja sama Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm) Kemendikbud, Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri (BPKLN) Kemendikbud dengan Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta (FFTV IKJ).

Lewat laman resminya kemdikbud.go.id, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyampaikan beasiswa terbuka bagi lulusan sekolah menengah atas (SMA) atau sederajat tahun 2016, 2017 dan 2018 dengan usia maksimal 22 tahun waktu mendaftar. Sebanyak 30 peserta seleksi dinyatakan lulus akan memperoleh beasiswa untuk kuliah di Program Sarjana (S1) FFTV IKJ.



“Seleksi dibagi menjadi dua tahap, yaitu: 1) seleksi administrasi; 2) seleksi tertulis dan wawancara. Seleksi administrasi dibuka 1 Mei hingga 7 Juli 2018, sedangkan seleksi tertulis dan wawancara dilaksanakan 28 Juli 2018. Hasil seleksi akan diumumkan 6 Agustus 2018 melalui laman FFTV IKJ, yaitu http://fftv.ikj.ac.id,” terang Kemendikbud, dikutip Senin (16/04/2018).

Lebih lanjut disebutkan, peserta seleksi beasiswa harus mempersiapkan berkas-berkas pendaftaran, nantinya diunggah di laman FFTV IKJ dan dibawa saat pelaksanaan ujian. Berkas-berkas administrasi, antara lain ijazah atau surat keterangan lulus, pas foto, salinan kartu keluarga dan akte kelahiran, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Surat Keterangan Sehat serta Surat Keterangan Bebas Narkoba.

Bukan itu saja, peserta seleksi beasiswa perfilman juga harus memiliki bukti karya di bidang perfilman. Sertifikat atau penghargaan di bidang film minimal tingkat kabupaten/kota juga wajib disertakan sebagai kelengkapan dokumen. Selain itu, peserta seleksi juga harus membuat tulisan esai dengan tema "Aku Generasi Unggul Kebanggaan Bangsa Indonesia". Petunjuk teknis pendaftaran beasiswa unggulan bidang perfilman dapat diunduh melalui tautan https://t.co/YqpqKwAEZH.

Dikutip dari laman Beasiswa Unggulan, Kepala BPKLN Suharti, mengatakan tujuan umum program ini guna mendukung upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia melalui penyediaan bantuan pendidikan dan pelatihan, baik melalui jalur gelar maupun nongelar.

Program ini diutamakan untuk mendukung upaya peningkatan kualitas pendidikan dan kebudayaan. Secara khusus, tujuan beasiswa bidang perfilman ini untuk menyiapkan SDM dan meningkatkan kompetensi bidang perfilman berdasarkan pada produk unggulan pendidikan dan kebudayaan.

(and)