Hard News

Sri Mulyani Menkeu Terbaik di Asia Pasifik 2018

Hard News

15 April 2018 22:37 WIB

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati (kemenkeu.go.id)

JAKARTA, solotrust.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dinobatkan sebagai Menkeu Terbaik di Asia Pasifik 2018 versi majalah keuangan, FinanceAsia. Penghargaan serupa juga telah diterimanya tahun lalu.

Menurut FinanceAsia, Sri Mulyani berhasil membawa perkonomian Indonesia ke arah lebih baik. Menkeu RI ini dianggap berhasil memanfaatkan kesempatan kemajuan ekonomi global untuk mereformasi struktur keuangan pada 2017, sehingga dapat bertahan saat terjadi kenaikan suku bunga di Amerika Serikat.



Atas penghargaan itu, Sri Mulyani mengungkapkan apresiasi ini tak lepas dari peran Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Kepala negara dan wakilnya selalu mendorong seluruh menteri senantiasa bekerja keras guna memperbaiki kehidupan rakyat Indonesia. Hal ini juga merupakan pengakuan dan apresiasi atas kerja keras pemerintah di bidang ekonomi, didukung kerja sama antara Kementerian Keuangan dan seluruh pemangku kepentingan.

“Keuangan negara adalah alat untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan Indonesia untuk mewujudkan masyarakat adil makmur dan negara yang beradab dan bermartabat,” ungkapnya, dilansir dari laman resmi Kementerian Keuangan RI, kemenkeu.go.id, Minggu (15/04/2018).

Selain menobatkan Sri Mulyani Indrawati sebagai Menkeu Terbaik di Asia Pasifik 2018, FinanceAsia juga merilis peringkat untuk para menteri keuangan lain di kawasan ini. Peringkat dua diberikan kepada Menkeu Singapura Heng Swee Keat dan peringkat tiga Menkeu Filipina Carlos Dominguez.

FinanceAsia juga menilai Menkeu Sri Mulyani berhasil menjaga stabilitas belanja negara. Terlihat dari defisit anggaran lebih rendah (2,5%) dibanding proyeksi semula (2,9%). Selain itu, pemerintah juga dinilai berhasil menjaga stabilitas inflasi dan nilai tukar rupiah. Pada 2017 pula, produk domestik bruto (PDB) Indonesia mencapai angka US$ 1 triliun untuk kali pertama dengan pertumbuhan ekonomi stabil di atas 5%.

Menkeu Sri Mulyani mempersembahkan penghargaan untuk rakyat Indonesia, di mana pada April ini memeringati Hari Kartini. Dirinya berharap agar wanita Indonesia tak henti meneruskan cita-cita dan perjuangan Kartini.

(and)