Rabu , 25 April 2018

ASDP Indonesia Ferry Siap Fasilitasi Mudik Gratis

14 April 2018


Ilustrasi kapal (pixabay.com)

JAKARTA, solotrust.com - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang jasa penyeberangan dan pengelola pelabuhan penyeberangan penumpang, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) siap mendukung penuh program Mudik Gratis Bersama BUMN 2018. Pihak perseroan telah melakukan berbagai persiapan, baik aspek keselamatan maupun kenyamanan penumpang.

Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN, Hambra mengatakan, mudik gratis tahun ini dilaksanakan pada 9 Juni di Parkir Pantai Carnaval Ancol, Jakarta. Kementerian BUMN memasang target minimal peserta mencapai 200 ribu pemudik. Angka ini naik 69,18 persen dibandingkan realisasi 2017. 



"Kementerian BUMN ingin memastikan bahwa BUMN hadir untuk pelayanan masyarakat di hari besar keagamaan. Mudik bisa berjalan lancar, pemudik pun mendapat kenyamanan berkat sinergi BUMN," kata dia di Jakarta, pekan ini, dilansir dari laman resmi Kementerian Badan Usaha Milik Negara, bumn.go.id, Sabtu (14/04/2018).

Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry (Persero), Ira Puspadewi mengatakan, ASDP sejauh ini telah melakukan berbagai persiapan dan langkah antisipasi demi memberikan pengalaman berkesan saat menikmati layanan penyeberangan ASDP. Adapun kesiapan fasilitas umum di terminal penumpang tersedia seperti klinik, ruang menyusui, arena bermain anak, toilet bersih, anjungan terminal penumpang, mushola hingga area parkir. 

Sementara fasilitas pendukung lain di atas kapal, di antaranya warung ASDP yang menjual makanan dan minuman higienis. ASDP juga memberi berbagai kemudahan mulai dari pengaturan jadwal keberangkatan saat mudik dan balik dengan pembelian tiket online, hingga alternatif pembelian tiket oleh pengguna jasa di luar area pelabuhan melalui buffer zone di titik potensial. 

"ASDP mendukung penuh inisiasi Kementerian BUMN dalam menggalakkan penggunaan moda transportasi ferry untuk angkutan mudik gratis. Diharapkan ke depannya moda ferry menjadi pilihan utama masyarakat," ujar Ira Puspadewi.

ASDP sendiri tahun ini akan menyediakan sekira 2100 kursi bagi peserta mudik gratis di tiga lintasan di wilayah Indonesia Timur. Pertama; di Ternate dengan rute Bastiong - Rum di mana akan tersedia 900 tiket mudik gratis. Kedua; di Baubau dengan rute Torobolu - Tampo, tersedia 600 tiket gratis dan ketiga; di Ambon dengan rute Galala - Namlea, tersedia 600 tiket mudik gratis. 

Hingga hari ini, ASDP juga sudah menjalin sinergi dengan empat BUMN dalam mendukung program mudik gratis. Tercatat, PT Bukit Asam Tbk telah memesan tiket untuk 500 orang pemudik pada lintasan Merak – Bakauheni. Kemudian PT Jasindo (Persero) memesan tiket untuk 300 orang pemudik pada lintasan Surabaya-Lembar. PT Antam Tbk memesan tiket untuk 500 orang pemudik dan 500 tiket arus balik pada lintasan Bastiong - Rum di Ternate, Maluku Utara.

(and)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com