Hard News

Ratusan Calon Perangkat Desa di Klaten Ikuti Try Out

Jateng & DIY

13 April 2018 15:05 WIB

(Ilustrasi)

KLATEN, solotrust.com - Tak kurang dari 400 orang calon perangkat desa di Kabupaten Klaten bakal mengikuti uji coba (try out) tes seleksi pengisian perangkat desa yang digelar oleh Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Madani Klaten. Try out tersebut akan digelar mulai Sabtu (21/ 4/2018) hingga Selasa (24/4/2018) mendatang.

Koordinator try out STIA Madani Eko Wiratno mengatakan, para peserta try out nanti akan dibekali berbagai kisi-kisi soal sehingga nantinya para peserta bisa mengerjakan dengan benar dan cepat.



“Sebenarnya, try out ini awalnya untuk kalangan kampus sendiri. Namun, karena antusiasnya para peserta perangkat desa begitu besar, maka dibuka untuk umum,” kata Eko saat dihubungi solotrust.com, Jumat (13/4/2018).

Dalam try out panitia akan menyediakan materi dan pembelajaran terkait power point, microsoft word, dan microsoft exel. Para peserta dikenai biaya sebesar Rp100.000.

Lanjut Eko, Karena antusias yang cukup tinggi dari para calon perangkat desa, panitia sampai membuka empat gelombang untuk tes ini.

“Kami tidak menyangka kalau dibukanya try out ini bisa banyak seperti ini. Sekarang ini sampai empat gelombang. Yang awalnya hanya sekitar 50 orang,” katanya.

Dia berharap, kabupaten Klaten memiliki calon calon perangkat desa yang handal dan profesional. "Para serta nantinya bisa lolos dalam mengikuti tes seleksi perangkat desa, sesuai dengan cita-cita mereka," harapnya.

Sementara itu salah seorang peserta try out, Jati, warga Desa Barepan, Kecamatan Cawas, berharap dengan adanya uji coba tes ini, dirinya bisa lebih mudah dalam mengerjakan soal-soal seleksi nanti.

“Ya, mudah mudahan mengikuti try out nanti bisa memudahkan dalam mengerjakan soal soal dalam seleksi perangkat desa nanti. Ini hal yang baru buat saya,” ujarnya.

Pelaksanaan tes seleksi perangkat desa nanti akan berlangsung pada Minggu (29/4/2018) yang digelar di setiap kecamatan. Materi ujian meliputi ujian tertulis Pancasila dan UUD 1945 , Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa, kepemimpinan, ilmu pemerintahan dan pengentahuan kemasyarakatan. Sedangkan ujian praktik meliputi , microsoft word, excel, dan power point. (joko)

(way)