Hard News

Ini Motor Listrik Ramah Lingkungan Besutan Siswa Tangerang

Hard News

3 April 2018 20:59 WIB

Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dakhiri menjajal motor listrik karya siswa BBPLK Serang (kemnaker.go.id)

 

SERANG, solotrust.com – Siswa Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Serang berhasil merakit motor listrik. Perakitan sepeda  motor bertenaga listrik ramah lingkungan, dirintis dua siswa Teknisi Ahli Angkatan 15 Tahun 2018, Ibnu Majah dan Hartanto Hadya didukung siswa lainnya.



"Ide awal dari pembuatan motor listrik ini adalah inovasi teknologi energi terbarukan. Motor listrik ini ramah lingkungan dan hemat energi," kata Ibnu Majah, Senin (02/04/2018), dilansir dari laman resmi Kementerian Ketenagakerjaan RI, kemnaker.go.id.

Motor listrik besutan para siswa di Tangerang ini mampu menempuh jarak 50 km perjam. Selain itu juga bisa berjalan lima jam nonstop dalam kondisi baterai penuh. Butuh waktu tiga jam untuk mengisi ulang baterai dari kondisi kosong hingga penuh. 

“Kami bekerja dalam tim yang terdiri dari tenaga ahli las, kelistrikan dan mekatronik,” ujar Ibnu Majah.

Hasil kreasi motor listrik ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dan kompetensi para siswa BLK. Sebab nantinya siswa dituntut melakukan inovasi dan meningkatkan kreativitas dalam bekerja.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dakhiri yang datang ke BBPLK Serang untuk membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Gelombang II berkesempatan menjajal motor listrik karya siswa BBPLK Serang.  

"Ini bukti kreativitas siswa BLK. Mereka mampu memodifikasi motor bertenaga bahan bakar minyak menjadi sepeda motor bertenaga listrik,” ucap Menaker.

Hanif Dakhiri juga mengatakan, zaman milenial ini semua pekerja harus mampu bersaing dan menunjukkan kreatifitas dalam bekerja.

"Jadi bangga lah, jika para siswa yang dilatih dan belajar di BBPLK punya karya yang cukup inovatif,” ujarnya.
 

(and)