Hard News

Penataan Balai Kota, Pemkot Bangun Area Publik

Jateng & DIY

3 April 2018 12:01 WIB

Sebuah alat berat meratakan tanah di depan Balai Kota Surakarta, Selasa (3/4/2018). (solotrust-vin)

SOLO, solotrust.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta tengah mengerjakan penataan kawasan Jalan Jenderal Sudirman (Jendsud) dan Plasa Balai Kota.

Proyek penataan kawasan Jendsud memakan anggaran senilai Rp2,1 miliar, sedangkan penataan Plasa Balai Kota menelan dana senilai Rp1,8 miliar.



Penataan yang nantinya akan mengubah wajah Balai Kota menjadi ruang yang terbuka itu diperkirakan akan selesai pada tahun ini.

Kepala Bagian Umum Setda Surakarta Heru Sunardi mengatakan, proses pengerjaan dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) dan diawali dengan membongkar pagar Balai Kota. Sebuah alat berat telah didatangkan dan beroperasi mulai dari ujung utara halaman Balai Kota. Pagar besi dirobohkan dan tanah disekitarnya pun diratakan.

"Jadi terdapat perubahan desain pintu masuk di Balai Kota. Jika selama ini pintu masuk berada di tengah, nantinya pintu masuk berada di sisi selatan dan pintu keluar di utara," kata Heru, Selasa (3/4/2018).

Heru menambahkan, bagian tengah halaman Balai Kota nantinya akan dibangun panggung kecil seperti Plasa Sriwedari. Panggung tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai ajang pertunjukan seni.

Bahkan, kata Heru, halaman bisa dimanfaatkan untuk berolahraga maupun taman bermain bagi anak-anak.

“Mau main sepedaan di sini boleh. Nanti pohon asem kita kasih lighting (lampu) juga, agar kalau malam hari juga bisa digunakan untuk foto-foto misalnya,” paparnya. (vin)

(way)