Rabu , 19 Desember 2018

Ingin Kembalikan Sejarah Sriwedari, Pemkot Bakal Pindahkan Joglo Sriwedari Ke Pulau Kolam Segaran

12 Maret 2018 15:54 WIB


Gazebo diatas Kolam Segaran Sriwedari. (solotrust.com/vin)





SOLO, solotrust.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta tengah menyiapkan pemindahan Joglo Sriwedari ke atas Kolam Segaran. Sesuai rencana, Pemkot akan membongkar bangunan Joglo Sriwedari dan membangun ulang ruang publik itu ke lahan bekas Boga Resto dalam rangka penataan kawasan Sriwedari.

"Kita ingin mengembalikan sejarah Gazebo yang berdiri di atas Kolam Segeran. Gazebo itu dulu digunakan untuk pertunjukan kesenian, termasuk keroncong,” ungkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Surakarta, Endah Sitaresmi Suryandari, Senin (12/3/2018).

Namun demikian, Pemkot masih akan mengkaji terlebih dahulu sebelum dilakukan pembuatan Gazebo di Segaran. Sita mengatakan, pihaknya akan melibatkan sejarawan dan konsultan.

"Kita kaji ulang, kita cari sejarahnya dulu mudah-mudahan ada gambarnya yang dulu lalu kita kembalikan lagi. Harapanya nanti bisa sebagai ruang publik menggantikan Joglo Sriwedari," katanya.

Pemkot akan merestorasi Segaran di kawasan Sriwedari. Konsep restorasi, kata Sita, akan mengembalikan lagi area Segaran seperti kondisi dulu. Pada zaman dulu, di atas Segaran terdapat berbagai jenis binatang seperti angsa, bebek, itik dan burung bangau. (vin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com