Serba serbi

Mantap! Reza Rahadian Nyanyi 8 Lagu di Film Benyamin Biang Kerok

Musik & Film

10 Maret 2018 15:57 WIB

Reza Rahadian (Pengki) dan Delia Husain (Aida) menyanyikan 8 lagu dalam film musikal Benyamin Biang Kerok





SOLO, solotrust.com- Aktor terkenal Reza Rahadian membintangi sebuah film bertajuk Benyamin Biang Kerok yang telah tayang di bioskop mulai 1 Maret 2018. Sengaja dibuat sebagai tribute untuk almarhum komedian kawakan Benyamin Sueb. Di area Solo Raya, film yang disutradarai Hanung Bramantyo tersebut mulai dapat disaksikan masyarakat.

Film ini bukan remake atau reboot dari film versi lama, sebab plotnya berbeda. Ya, Benyamin Biang Kerok hanya meminjam judul dan nama pemeran utama dari film versi 1972. Reza Rahadian menjadi pemeran utama bernama Pengki, yang dulu memang diperankan oleh Benyamin Sueb.

"Tantangan terberatnya mungkin karena adegan ini banyak muatan musikalnya. Karena belum pernah mendapat film musikal seperti ini," papar Reza saat ditemui media di Orient Restaurant, Hartono Mall Solo Baru, Sabtu (10/3/2018).

Reza bersama lawan mainnya, Delia Husain (Aida) dituntut membawakan 8 lagu yang dulu pernah dipopulerkan Benyamin Sueb. Seperti Nonton Bioskop, Ujan Grimis, hingga Disini Aje. "Jadi tantangan tersendiri, bagaimana menyanyikan lagu dengan suara Pengki bukan suara sendiri. Menariknya di situ," ujarnya.

Reza menegaskan, dalam film ini dirinya tidak menjadi Benyamin Sueb. Meski begitu, untuk pendalaman karakter, ia mengaku terinspirasi dari komedian itu. Belajar bagaimana tertawa khas, ekspresi, suara hingga gestur. "Banyak yang miskonsepsi. Padahal tokoh yang saya perankan itu namanya Pengki, tokoh yang diperankan oleh almarhum Benyamin Sueb dulu di tahun '72," katanya.

Beda dengan film Habibie-Ainun, yang merupakan film biopik, menceritakan kisah hidup Habibie, Presiden RI ke- 3. Sedangkan film Benyamin Biang Kerok tidak menceritakah kisah hidup Benyamin Sueb, jadi tidak ada keharusan semirip mungkin dengan komedian itu.

Sementara, Delia Husain yang berperan sebagai tokoh utama wanita bernama Aida mengaku senang dan merasa beruntung bisa adu akting dengan aktor tampan itu. Terlebih dirinya mengaku banyak mendapat ilmu soal akting dari Reza.

"Ini film pertama saya, memerankan tokoh yang karakternya anggun. Karena saya bisa nyanyi, jadi tidak banyak kesulitan," tutur Delia.

Dalam film Benyamin Biang Kerok, misi Pengki adalah menyelamatkan Aida si penyanyi pujaan hati yang dipenjara oleh mafia kejam, Said To Nirojim (Komar). Karakter Pengki yang diperankan Benyamin Sueb adalah sopir jahil yang sering merugikan orang lain. Namun, Pengki yang diperankan Reza adalah anak orang kaya yang hidup bergelimang uang di rumah berteknologi canggih. (Arum)

(wd)