Hard News

153 Pejabat Pemkot Surakarta Dimutasi, Ini Harapan Wali Kota

Jateng & DIY

2 Maret 2018 13:38 WIB

Pelantikan 153 pejabat yang menempati posisi baru saat di Balai Tawangarum Komplek Balai kota Surakarta, Jumat (2/3/2018) pagi. (solotrust-vin)

SOLO, solotrust.com - Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo melantik sebanyak 153 pejabat fungsional di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan itu digelar di Balai Tawangarum Komplek Balai Kota Surakarta, Jumat (2/3/2018).

Beberapa pejabat yang dimutasi dan dipromosikan terdiri dari Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Sekolah, Adiministrator, Kepala Puskesmas, hingga Pengawas Sekolah.



Mutasi yang kali pertama digelar pada awal tahun ini diperlukan menyusul banyaknya kekosongan kursi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memasuki masa pensiun. Tak hanya itu, penataan ulang ASN juga mendesak dilakukan seiring dibubarkannya sebagian Unit Pelaksana Teknis (UPT) milik Pemkot. Hal ini berimbas pada hilangnya jabatan puluhan pejabat eselon IV.

Baca juga : Banyak ASN Pensiun, Pemkot Surakarta Lakukan Mutasi

"Kita lakukan karena banyak yang pensiun, ada yang dipromosi dan ada yang dimutasi. Dalam pelantikan ini pasti ada yang seneng ada yang sedih, ada yang tidak cocok. Tapi karena ini kebutuhan, kami berharap ini disyukuri," kata Wali Kota saat ditemui wartawan usai pelantikan, Jumat (2/3/2018).

Rudy, sapaannya, mengaku prihatin terhadap pilihan yang harus memaksa ratusan pejabat itu harus dimutasi. Setelah dimutasi, Rudy mengatakan para pejabat akan langsung bekerja di posisi yang baru. Rudy mengingatkan bagi pejabat yang telah dimutasi agar tetap menunjukkan prestasi di posisi barunya.

"Yang digeser jangan merasa tidak dipakai. Prestasi yang diupayakan bersama. Mari kita syukuri bersama ke depan akan jadi lebih baik," harapnya.

Beberapa pejabat yang dimutasi seperti Kepala Dinas Pariwisata Kota Surakarta kini dijabat oleh Hasta Gunawan yang dulu menjabat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surakarta. Sedangkan Basuki Anggoro Hexa kini menjadi Staf Ahli Wali Kota. Adapun Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kini dijabat Sri Wardhani yang dulu menjabat Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo SP).

Sementara untuk pejabat yang dipromosi, seperti Ari Wibowo yang dulu menjadi Kepala Seksi (Kasi) Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan Surakarta, kini dipercaya menjadi Kepala Bidang (Kabid) Lalu lintas Dishub.

Sekretaris Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Surakarta, Dwi Ariyatno merinci 153 pejabat yang dilantik seperti tiga pejabat Eleselon II, 22 pejabat eselon III, 85 orang pejabat eselon IV, 20 Kepala Sekolah, 12 Kepala Puskesmas, tujuh Pengawas Sekolah, dan Penilik sebanyak empat orang. (vin)

(way)