Hard News

Produksi Genting Solar Panel Butuhkan 300 Tenaga Kerja Lokal

Jateng & DIY

23 Februari 2018 16:31 WIB

Ilustrasi.

SOLO, solotrust.com - Kerjasama antara Solo Techno Park (STP) perusahaan asal Korea Selatan PT SEUM I & C dan perusahaan lokal PT Arta Surya Indotama (ASI) dalam memproduksi solar roof tile dipastikan akan merekrut tenaga kerja lokal di Solo. Pihak investor setidaknya membutuhkan 300 tenaga kerja lokal lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Rencananya perekrutan tenaga kerja akan dimulai pada 1 Maret mendatang.

“Semua yang kita rekrut harus KTP Solo. Kita butuh 250 sampai 300 orang lulusan SMK,” kata Direktur Utama PT Seasindo (gabungan PT SEUM I and C dan PT ASI) Surya Winata, Jumat (23/2/2018).



Surya menyebut tidak ada spesifikasi khusus agar bisa diterima sebagai pekerja di perusahaan penghasil solar panel tersebut. Seluruh lulusan SMK dengan jurusan apapun dapat diterima. Meskipun Seasindo akan merekrut beberapa tenaga kerja dengan kualifikasi lulusan SMK jurusan kelistrikan.

“Untuk di awal kita baru assembly (perakitan) dulu jadi kualifikasinya SMK. Setelah itu baru kita belajar tekhnologinya,” terang Surya.

Jika tenaga kerja dari dalam kota Solo tidak dapat memenuhi kuota, Seasindo akan membuka perekrutan untuk lulusan SMK di eks Karesidenan Surakarta. Surya berharap kerjasama yang dijalin dapat meningkatkan kualitas SDM serta dapat menyediakan lapangan kerja di kota Bengawan.

“Kita juga dirikan taman edukasi di STP. Agar masyarakat dapat melihat dan belajar tentang panel solar ini secara langsung,” katanya. (vin)

(wd)