Hard News

Jadi Kota Layak Huni, Wali Kota Ajak Masyarakat Mapan

Jateng & DIY

17 Februari 2018 14:50 WIB

Suasana upacara peringatan hari jadi Kota Solo ke 273 di Stadion Sriwedari, Sabtu (17/2). (solotrust.com/vin)

SOLO, solotrust.com - Dalam peringatan Hari Jadi ke-273 Kota Solo, Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengajak seluruh masyarakat untuk mapan dalam segala hal. Ajakan tersebut didasarkan prestasi yang didapat kota Solo sebagai kota paling layak huni di Indonesia. Dasar penilaian yang digunakan Kementerian Agraria menjadikan Kota Solo layak huni, terdiri dari lima aspek yakni aspek pangan, tempat ibadah, air bersih, pendidikan, dan kesehatan.

“Semoga penghargaan itu benar-benar membuat masyarakat kota Solo menjadi lebih mapan. Mapan warganya, mapan pemerintahnya, mapan sikapnya serta mapan segala sesuatunya,” terang Rudy usai upacara peringatan HUT Kota Solo di Stadion Sriwedari, Sabtu (17/2/2018).



Lebih lanjut, Rudy mengatakan pihaknya tengah menata kota Solo agar lebih nyaman lagi. Selain itu Wali Kota juga meminta masyarakat turut mendukung keinginan pemerintah untuk menata segala sesuatu di kota ini dengan taat terhadap aturan yang berlaku.

“Karena tidak mungkin kota ini mapan tanpa didukung dengan masyarakat yang mapan. Misalnya warga tidak membuang sampah di sungai, PKL (Pedagang Kaki Lima) bersedia ditata, warga bersedia ditata tempat tinggalnya. Jika warga bersedia taat dengan aturan itu maka dapat disebut mapan,” terangnya.

Sementara itu, pelaksanaan upacara sendiri berlangsung khidmad. Peserta upacara yang terdiri dari Muspida Kota Surakarta, Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri, hingga ribuan siswa tampak memenuhi area stadion. Seluruh peserta juga menggunakan pakaian adat Jawa. Adapun Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo bertindak sebagai pembina upacara. (vin)

()