Ekonomi & Bisnis

BEI KP Solo Ajak Mahasiswa IAIN Buka Rekening Efek Serentak

Ekonomi & Bisnis

17 Februari 2018 14:23 WIB

BEI KP Solo bersama Dana Reksa Sekuritas menggelar sosialisasi sekaligus pembukaan rekening serentak 200 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Solo, Kamis (15/2/2018). (solotrust-arum)

SOLO ,solotrust.com - Bursa Efek Indonesia (BEI) Kantor Perwakilan Solo akan terus menggenjot peningkatan pembukaan rekening massal di kawasan Solo Raya. Pembukaan rekening itu menyasar dari kalangan mahasiswa maupun masyarakat umum.

Kepala Kantor BEI Solo M Wira Adibrata menilai positif pembukaan rekening efek bagi mahasiswa, sebab mendidik generasi muda untuk sadar berinvestasi. “Mengenalkan instrumen investasi sejak ini adalah bagian dari menanamkan mindset kepada generasi muda untuk mulai merencanakan masa depan,” kata Wira.



Berdasarkan data di pasar modal, generasi muda usia 18-25 tahun mendominasi dalam penambahan rekening saham sejak 2016. Menurut Wira, hal ini baik untuk memperkokoh fundamental pasar modal Indonesia ke depan.

“Jika sebelum 2016 investor asing masih mendominasi dengan kisaran 60 persen dan domestik 40 persen, saat ini sudah terbalik. Investor dalam negeri sudah menjadi tuan rumah di negaranya sendiri,” tuturnya.

Pihaknya pun bekerja sama dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Solo untuk meningkatkan jumlah pembukaan rekening efek di kalangan mahasiswa. BEI KP Solo bersama Dana Reksa Sekuritas menggelar sosialisasi sekaligus pembukaan rekening serentak pada Kamis (15/2/2018). Sekitar 200 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Solo membuka rekening saham bersama-sama.

Kepala Jurusan Manajemen Bisnis Syariah FEBI IAIN Solo Datien Eriska Utami menyambut baik kegiatan pembukaan rekening serentak ini. Selain mengajarkan mahasiswa berinvestasi, juga sebagai upaya mengenalkan secara nyata pada mahasiswa terkait mekanisme transaksi di pasar modal.

“Secara teori mahasiswa sudah mendapatkannya di kelas. Kita harapkan, mahasiswa juga bisa langsung praktik sehingga benar-benar ilmu yang diberikan dapat terserap dan bermanfaat,” katanya.

IAIN Solo sendiri menargetkan 600 rekening saham baru yang berasal dari jurusan Manajemen Bisnis Syariah, Perbankan Syariah, dan Akuntansi Syariahi. (arum)

(way)