Pend & Budaya

Kunjungi MMTC, Animator Film Disney Ungkap Peluang Kerja di Industri Animasi

Pend & Budaya

15 Februari 2018 09:24 WIB

Seminar "Changing the World with Animation" di Sekolah Tinggi Multi Media MMTC, Yogyakarta. (solotrust.com/mia)

YOGYAKARTA, solotrust.com- Dunia animasi kini tengah menggeliat di hiburan Tanah Air. Tidak sedikit anak muda yang memiliki ketertarikan besar pada bidang animasi. Menyadari hal itu, kedutaan besar Amerika menggelar seminar "Changing the World with Animation" di Sekolah Tinggi Multi Media MMTC Yogyakarta, Rabu (14/2/2018).

Dalam kesempatan tersebut, Eric Hanson yang dikenal sebagai animator film Disney "Fantasia 2000" mengenalkan bagaimana peluang kerja di industri animasi. Dia menyebutkan terdapat beberapa area kerja yang dapat ditekuni oleh para animator. Masing-masing area kerja memiliki kelebihan dan kekurangan.



Misalkan saja seperti bekerja sebagai independent animator yang tidak berorientasi untuk mencari keuntungan, melainkan hanya untuk menyalurkan kreativitas. Para independent animator ini biasanya membuat film hanya untuk ditayangkan di festival film internasional.

Kemudian, feature animation atau film animasi. Para animator yang mengerjakan sebuah film panjang untuk studio animasi besar seperti Disney, Pixar atau Sony Animation sudah pasti memiliki tekanan yang tinggi. Apalagi jika ingin bekerja di bagian efek visual yang membutuhkan kedetailan. Bahkan saking detailnya, Eric mengatakan bahwa untuk menggarap efek animasi berdurasi 4-5 detik bisa sampai membutuhkan sekitar 50 orang dengan jangka waktu pengerjaan selama sekitar 2-3 bulan.

Akan tetapi tenang saja, jerih payah yang mereka keluarkan sebanding dengan fasilitas yang diberikan perusahaan seperti gaji besar dan makanan yang enak. Selain itu, Eric menambahkan bekerja di dunia feature animation juga menawarkan jenjang karier. Setiap animator memiliki kesempatan untuk memimpin sebuah proyek film. Apalagi kata dia, Disney memiliki sebuah tradisi yang memberikan kesempatan kepada setiap animator untuk memproduksi film dari idenya sendiri.

Tak jauh berbeda dari dunia film, animator yang bekerja untuk produksi serial animasi televisi juga sama-sama memiliki tekanan tinggi. Bagaimana tidak, mereka mengerjakan animasi pada hari Senin untuk tayang pada hari Jumat.

Nah terakhir, bagi yang kamu yang tidak pandai membuat cerita, tapi suka desain. Bisa menekuni bidang Motion Graphic yang biasanya sering membuat iklan atau judul film. (mia)

(wd)