Serba serbi

Akhirnya Lewat Musik di Olimpiade PyeongChang 2018, Korsel dan Korut “Bersatu”

Musik & Film

13 Februari 2018 14:35 WIB

(Dok. soompi)

SOLO, solotrust.com – Konflik Korea Utara dan Korea Selatan memang hingga kini masih menjadi perhatian dunia. Namun melalui olahraga dan seni, sebuah harmoni yang indah bisa saja tercipta antar keduanya. Dalam Olimpiade Musim Dingin PyeongChang tahun 2018 ini, pihak Korea Utara mengirimkan 22 atletnya. Mereka terdiri dari para skaters, pemain ski dan juga pemain hoki es.

Dalam sebuah laporan dari Yonhap News Korea Selatan baru-baru ini, pemain figure skating dari Korea Selatan yakni Kim Kyu Eun juga diketahui memberikan kosmetik dan dua maskot boneka dari Olimpiade PyeongChang untuk pemain figure staking asal Korea Utara yakni Ryom Tae Ok di hari ulangtahunnya. Hal ini tentu saja memperlihatkan ikatan mereka sebagai teman. Tak hanya itu, dalam sebuah pertunjukan musik dalam gelaran Olimpiade PyeongCHang, penyanyi Korea Utara dan Korea Selatan juga tampil bersama dalam satu panggung.



Dilansir dari soompi hari ini (13/2/2018), SeoHyun yang merupakan salah satu anggota girl band dari Korea Selatan yakni Girls’ Generation diketahui tampil bersama penyanyi-penyanyi dari Korea Utara dari sebuah band klasik bernama Samjiyon. Penampilan penyanyi beda negara tersebut tentu saja cukup mengejutkan publik.

Band Samjiyon adalah ensabel musik klasik dari Korea Utara. Berlokasi di Teater Haeoreum di Seoul, Korea Selatan, band klasik tersebut mengadakan konser di gelaran Olimpiade Musim Dingin PyeongChang pada 11 Februari 2018.
Dalam konser tersebut, SeoHyun menyanyikan lagu berjudul ‘Lets Meet Again’ dan ‘Our Wish’ bersama penyanyi-penyanyi dari Korea Utara. Di akhir acara, SeoHyun terlihat memeluk penyanyi-penyanyi tersebut.

Pada 12 Februari 2018, sebuah sumber yang mewakili SeoHyun mengatakan bahwa ia bergabung dalam penampilan tersebut di menit-menit terakhir. SeoHyun sendiri tampil atas permintaan dari pihak Istana Kepresidenan Korea Selatan.

“Ini bukanlah hal yang dia persiapkan sebelumnya, namun akhirnya dia bergabung juga untuk tampil setelah menerima permintaan yang mendadak tersebut. Blue House (pihak Istana Kepresidenan Korea Selatan) meminta supaya dia tampil tanpa mengatakan hal lain kecuali “kami benar-benar berharap kau akan datang”. Mereka meminta dua lagu. Seohyun mempelajari satu lagu tersebut dalam sehari dan kemudian menampilkannya. Karena itu adalah keputusan yang tiba-tiba, SeoHyun bahkan tidak punya waktu untuk gladi bersih,” demikian pernyataan dari pihak SeoHyun.

Kwon Hyuk Ki, pemimpin dari Istana Kepresidenan Korea Selatan sekaligus chief deputy dari Government’s Joint Assistance Team untuk Olimpiade Musim Dingin PyeongChang menjelaskan juga mengapa mereka memilih SeoHyun.

“Semua vokalis untuk penampilan dari Korea Utara adalah wanita, dan kami tidak punya cukup waktu untuk mengatur lagu untuk penyanyi pria untuk ditampilkan. Karena penonton juga banyak yang dari golongan tua, kami mencari seorang penyanyi dengan popularitas yang tinggi. Ketika kami sedang mencari seorang penyanyi yang dapat berlatih dalam waktu yang singkat, pihak Seohyun dengan senang hati menerima permintaan kami,” demikian pernyataan dari pihak Kepresidenan Korea Selatan.

“Awalnya, penyanyi-penyanyi dari Korea Utara menolak untuk bergabung dalam penampilan gabungan ini karena waktu latihan yang singkat, namun kami bisa membujuk mereka dan akhirnya mereka bisa tampil,” tambahnya.

Sebelum konser tersebut, SeoHyun juga terlihat menghadiri event yang menghadirikan Presiden Korea Selatan Moon Jae In dan Kim Yo Jong yang merupakan adik dari pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un. Perwakilan SoeHyun mengatakan bahwa dia hadir untuk menyambut mereka sebagai salah satu partisipan dalam konser tersebut.

Mengetahui momen ini, warganet pun ramai memberikan komentarnya di laman soompi.

Aku tak tahu mengapa, namun setiap kali aku melihat SeoHyun, aku melihat simbol ‘World Peace’. Dia selalu terlihat kalem dan damai. Mungkin Blue House juga merasakan perasaan ini,” tulis salah satu warganet dengan ID @BangtanBoys.

Ini sangat menghangatkan hati,” tulis Jeremie.

“Ya Tuhan~ apakah aku menangis? Ini sangatlah menyentuh”, tulis Myung.

Woah~ ini sangat menakjubkan,” tulis Sunasuma.

Digelardi PyeongChang Olympic Stadium, Korea Selatan, Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018 diselenggarakan dari 9 hingga 25 Februari 2018. (Lin)

(way)