Hard News

13 parpol Sukoharjo lolos di pemilu 2019

Jateng & DIY

9 Februari 2018 08:36 WIB

Rapat pleno rekapitulasi hasil verifikasi partai politik calon peserta pemilu 2019 Kabupaten Sukoharjo. (solotrust.com/arif)

SUKOHARJO, solotrust.com - Hasil verifikasi partai politik calon peserta pemilu 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum di laksanakan Kamis (9/2/2018). Dari rekapitulasi hasil verifikasi partai politik wilayah Kabupaten Sukoharjo diketahui 13 parpol maju menjadi peserta pemilihan umum di 2019 mendatang. Hal tersebut terungkap dalam Rapat pleno rekapitulasi hasil verifikasi partai politik calon peserta pemilu 2019 Kabupaten Sukoharjo yang dilaksanakan di Hotel Best Western Solo Baru Grogol.

Data KPU  Sukoharjo sebelumnya mencatat ada 14 parpol yang mendaftarkan diri sebagai calon peserta pemilu 2019. Dalam verifikasinya sebanyak 13 parpol dinyatakan memenuhi syarat dan dua lagi belum memenuhi syarat. Namun dalam masa perbaikan data, PKPI dinyatakan tidak memenuhi syarat. Sedangkan PPP dinyatakan memenuhi syarat (MS) karena bisa membuktikan kelengkapan data sebelum masa perbaikan berakhir.



Sebelumnya kedua parpol baik PKPI dan PPP dinyatakan Tidak memenuhi syarat (TMS) karena berkas pendaftaran belum lengkap. Hal tersebut diketahui dari data alamat kantor parpol, data kepengurusan dan data 30 persen keanggotaan perempuan dalam kepengurusan parpol. Ketua KPU Sukoharjo Kuswanto menyebutkan 13 parpol yang lolos verifikasi telah memenuhi persyaratan yang berlaku. “Rata-rata parpol yang menjadi peserta telah 33 persen lebih untuk keterwakilan perempuan, “ungkap Kuswanto

Rapat pleno terbuka kali ini diundang 14 parpol yang sebelumnya mendaftar sebagai peserta pemilu di 2019. KPU mencatat 13 parpol yang lolos diantaranya yakni Partai Nasdem, PKB, PKS, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Demokrat, PAN, PPP, PBB, Partai Garuda,  Perindo dan PSI.

“Rapat pleno dilakukan sebagai pengumuman resmi sekaligus penetapan hasil verifikasi  terhadap  parpol, pungkas Kuswanto di sela acara Rapat pleno terbuka. (arif)

(wd)