Hard News

Tembok Keraton Ambruk Dibersihkan Hari Ini

Jateng & DIY

16 Januari 2018 21:29 WIB

Tembok Keraton Kasunanan Solo yang ambruk di Langensari RT02 RW01 Baluwarti, Pasar Kliwon atau Barat Sasono Putro roboh

SOLO, solotrust.com – Tembok Keraton Kasunanan Solo yang ambruk di Langensari RT02 RW01 Baluwarti, Pasar Kliwon atau Barat Sasono Putro, kediaman sang raja, Paku Buwono XIII mulai dibersihkan hari ini.

Sebelumnya, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solo urung mengevakuasi reruntuhan tembok Keraton Surakarta pada malam kejadian. Hal itu lantaran masih diperlukan koordinasi bersama dinas terkait lainnya guna membersihkan puing-puing tembok.



"Hari ini kita mulai bersihkan dari jam 09.00 WIB. Nanti jalan akan ditutup total selama kita membersihkan puing-puing ini,” kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Solo, Dono Tumpo, Selasa (16/1/2018).

Pemindahan puing-puing tembok sendiri tidak memungkinkan dilakukan secara manual dengan tenaga manusia. Pasalnya, di bagian dalam tembok roboh masih ada satu lapis tembok tua sudah retak, sehingga membahayakan petugas.

“Kondisi tembok tua itu sudah retak. Kalau dibersihkan tadi malam bisa membahayakan petugas. Kita menunggu alat berat dari dinas lain untuk membersihkan puing-puing ini. (vin)

(and)