Serba serbi

Film Animasi “Battle Of Surabaya” Diadaptasi Dalam Bentuk Novel

Musik & Film

31 Januari 2018 16:03 WIB

dok MSV Pictures

Solotrust.com –Memenangkan sederet penghargaan di tingkat internasional, film animasi 2D yang diadaptasi dari perjuangan rakyat Surabaya dalam pertempuran 10 November 1945 berjudul “Battle Of Surabaya” kini hadir juga dalam versi novel.

“Petualangan Musa, Yumna dan Danu kini dapat dinikmati juga dalam bentuk novel yang sudah bisa didapatkan di Gramedia seluruh Jawa dan Bali. Yuk ikuti serunya perjuangan dan petualangan mereka bertiga!” tulis postingan dari instagram resmi film tersebut @battleofsurabayathemovie, Selasa (30/1/2018).



Diadaptasi dari animasi karya Aryanto Yuniawan, novel “Battle Of Surabaya” merupakan novel fiksi dengan latar non fiksi karena berdasar latar belakang sejarah yang nyata.

“Rakyat Surabaya semakin resah. Kedatangan tentara Sekutu yang menggantikan Jepang rupanya tidak membawa perubahan. Setiap hari, Musa, si bocah penyemir sepatu, menyaksikan perjuangan rakyat Surabaya. Sangat jelas, rakyat sudah tak mau lagi menderita. Begitu pula dengan Musa, perang telah membuatnya harus kehilangan orang-orang yang ia sayangi.Bersama Yumna sahabatnya, Musa bergabung dengan laskar rakyat untuk memperjuangkan kedamaian dan kemerdekaan. Ia pun ditugaskan menjadi kurir pengantar surat rahasia. Namun, langkah Musa tak berjalan mulus. Kapten John Wright yang berdarah dingin terus memburunya,” demikian petikan kisah dalam novel tersebut seperti dilansir dari website resminya, msvpictures.com.

Tahun lalu, film November 10th (Battle Of Surabaya) karya Aryanto Yuniawan, M.Suyanto, Hery Soelistio dan Adi Djayusman tersebut berhasil memenangkan Best Animation atau Animated Sequence di ajang Milan International Film Festival 2017.

Sebelumnya, film tersebut juga sudah banyakmemenangkan penghargaan tingkat internasional seperti Best Animation dalam Nice International Filmmaker Festival of World Cinema di Nice, Perancis 2017, Gold Remi Award dalam The Houston International Film Festival di Houston, Texas 2016 dan Grand Prize di Seoul International Cartoon and Animation Festival 2016 di Seoul, Korea Selatan. (Lin)

(wd)