Hard News

Rajamala Diangkat Menjadi Ikon Kelurahan Semanggi, Ini Kata Budayawan Solo

Jateng & DIY

27 Januari 2018 14:22 WIB

Suasana Sarasehan Bedah Rajamala di Taman Cerdas Semanggi. (solotrust.com/vin)

SOLO, Solotrust.com - Keinginan Kelurahan Semanggi untuk mengangkat Rajamala menjadi ikon, ternyata mendapat respon yang positif dari budayawan solo. Bahkan, beberapa rekomendasi telah dilontarkan demi terwujudnya Rajamala jadi ikon baru Kelurahan Semanggi. Hal ini diungkapkan Budayawan Solo, ST Wiyono usai sarasehan bedah Rajamala di Taman Cerdas Semanggi, Jumat (26/1/2018) malam.

"Tidak salah memang kalau Kelurahan Semanggi ini mengangkat Rajamala jadi ikon. Karena dulu perahu Rajamala itu melintas dari Solo menuju Madura melalui sungai Bengawan Solo. Perahu Rajamala itu selalu berlabuh di Kelurahan Semanggi, jadi semacam dermaganya," ungkap dia.



Baca juga: Rajamala Bakal Jadi Ikon Kelurahan Semanggi

Penguatan identitas, kata Wiyono, menjadi elemen yang penting dalam menyukseskan ikon Rajamala di Kelurahan Semanggi. Meski membutuhkan waktu, dirinya yakin ikon Rajamala dapat sepenuhnya berhasil melekat di Kelurahan Semanggi.

"Menurut saya lebih ke branding Rajamala-nya dulu. Misalnya saja kan sudah ada Grebeg Rajamala tiap tahun, itu seminggu sebelumnya bisa memberikan hiasan-hiasan Rajamala di setiap sudut wilayah Semanggi. Jadi mirip seperti perayaan Imlek, sehingga orang tahu kalau Rajamala itu ya ada di Semanggi," jelas Wiyono. (vin)

(wd)