Ekonomi & Bisnis

PHRI Gelar Muscab dan Pengukuhan BPC PHRI Surakarta XII

Ekonomi & Bisnis

10 Januari 2018 08:19 WIB

Konferensi Pers PHRI Surakarta. (Solotrust.com/Arum)

SOLO, solotrust.com - Kepengurusan Badan Pimpinan Cabang (BPC) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Solo periode 2013-2018 akan segera berakhir pada 30 Januari 2018. Untuk itu akan digelar Musyawarah Cabang (Muscab) BPC PHRI ke-12. 
 
Menurut Ketua BPC PHRI Solo, Abdullah Soewarno, Muscab tersebut bertujuan untuk menilai pertanggungjawaban kepengurusan BPC PHRI Solo periode 2013-2018, memilih Ketua BPC PHRI periode 2018-2023 dan menentukan program kerja kepengurusan BPC PHRI periode 2018-2023.
 
"BPC PHRI Solo periode 2013-2018 dengan 24 orang pengurus berhasil mencapai beberapa hal. Antara lain telah mempunyai kantor tetap di Disparbud Solo dan menjaga kekompakan antara pengurus dan anggota," ujarnya saat jumpa pers di Hotel Swiss Bel Inn, Selas (9/1).
 
Lebih rinci, Abdullah menjabarkan Program Kerja periode 2013-2018 yang telah terlaksana. Di bidang hukum dan pemerintahan, PHRI ikut membantu menyusun rencana induk pariwisata kota Solo dan ikut melahirkan badan promosi pariwisata. Di bidang organisasi dan kelembagaan PHRI telah tertata rapi dengan kesekretariatan tersendiri. 
 
Di bidang pendidikan, PHRI sering melakukan pelatihan dan sertifikasi kompetensi. Karena sertifikasi usaha dan profesionalisme di bidang SDM kepariwisataan diharuskan oleh Kemenpar melalui Undang-Undang. Di bidang promosi dan marketing, PHRI mendorong masing-masing hotel melakukan pemasaran secara baik dan beretika baik di dalam maupun di luar negeri. Hotel-hotel juga diajak ikut mempromosikan kota Solo sebab bila berhasil maka perhotelan dan restoran ikut terangkat.
 
Abdullah yang juga sekaligus sebagai Koordinator PHRI se-Solo Raya berharap Muscab bisa berjalan tertib, demokratis dan muncul kader-kader muda untuk menjadi pengurus PHRI periode selanjutnya. "Ada satu persyaratan tidak tertulis, diharapkan yang jadi Ketua itu owner sehingga gerak GM yang profesional di bidnag perhotelan tidak terikat dalam suatu kepengurusan," harapnya.
 
Ketua yang terpilih saat Muscab nanti, terang Abdullah, akan bertindak sebagai Ketua formatur kepengurusan PHRI periode 2018-2023 yang memilih 4 anggota formatur bersama-sama menyusun kepengurusan baru. Kemudian menentukan program kerja jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. 
 
Agenda Muscab dan Pengukuhan akan diikuti164 peserta yang memenuhi syarat punya hak pilih dan bisa dipilih. Terdiri dari 56 hotel bintang, 76 hotel non bintang, 13 restoran dan 16 lembaga pendidikan kepariwisataan. Kata Abdullah, undangan telah disebar seminggu sebelumnya disertai dengan formulir. 
 
Muscab BPC PHRI Solo ke-12 akan digelar di Hotel Swiss Bel Inn Saripetojo pada 15 Januari nanti. Rencananya, Muscab akan dibuka oleh Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo. Sedangkan Pengukuhan atau Pelantikan Pengurus BPC PHRI periode 2018-2023 oleh BPD PHRI Jawa Tengah akan diadakan di The Sunan Hotel pada 19 Januari. Rencananya, akan dihadiri Walikota Solo, Para Anggota Furkompimda (Muspida), Pimpinan Bank Indonesia Solo, para Pimpinan Organisasi Profesi dan para Pimpinan OPD Solo terkait. (Arum-A)

(redaksi)