Serba serbi

Fakta-Fakta Seputar Asian Para Games (APG) 2018 di Indonesia

Olahraga

8 Januari 2018 15:19 WIB

logo dan mascot Asian Para Games 2018 (dok website ina2018apg.id)





Solotrust.com – Event olahraga tingkat Asia, Indonesia 2018 Asian Para Games (INAPG) 2018 atau Asian Para Games (APG) 2018 akan dihelat tahun ini. Event ini adalah event olaharaga yang diperuntukkan untuk para atlet penyandang disabilitas di region Asia. Akan dihelat pada 6 hingga 13 Oktober 2018 di Jakarta, apa saja fakta-fakta seputar event olaharaga 4 tahunan ini?

Fakta yang pertama adalah Indonesia merupakan negara Asia Tenggara pertama yang menyelenggarkan ajang ini sekaligus menjadi negara ketiga tempat berlangsungnya event ini. Ya, Indonesia menjadi negara ketiga penyelenggara Asian Para Games setelah GuangZhou, Cina pada tahun 2010 dan Incheon, Korea Selatan pada tahun 2014.

Fakta yang kedua adalah akan ada 18 cabang olaharaga yang akan dipertandingkan dengan 582 nomor pertandingan. Ajang ini akan diikuti 3000 atlet dan official dari 42 negara di Asia anggota Asian Paralympic Committee.

Fakta yang ketiga adalah tema Asian Para Games 2018 adalah “The Inspiring Spirit and Energy of Asia” yang dirangkai dari empat Paralympic Value yakni determination (kebulatan tekad), courage (keberanian), equality (persamaan) dan inspiration (inspirasi).  Slogan “The Inspiring Spirit & Energy of Asia” sendiri bermakna mempersatukan Asia dan lebih jauh memotivasi masyarakat Asia melalui kesetaraan dalam masyarakat.

Selain itu, Paralympic Value yang terdiri dari determination, courage, equality, inspiration mempunyai makna masing-masing.

Determination (kebulatan tekad) bermakna melalui INAPG 2018, diharapkan dapat mempromosikan tekat para atlet dalam menatap tantangan baik fisik maupun mental dalam perjalanan mereka menuju yang terbaik.

Courage (keberanian) bermakna melalui INAPG 2018, diharapkan dapat mempromosikan tentang kepercayaan diri untuk bisa menatap tantangan dan melalui masalah.

Equality (persamaan) bermakna melalui INAPG 2018, diharapkan bisa mempromosikan kesetaraan di kehidupan sosial dengan mulai dari mengapresiasi diri sendiri dan yang lain sebagaimana juga fair play.

Inspiration (inspirasi) mempunyai makna bahwa melalui INAPG 2018 diharapkan kesuksesan dan aksi dari para atlet dapat menjadi sumber inspirasi dan motivasi untuk semua individu di Indonesia.

Fakta keempat adalah Momo menjadi maskot Asian Para Games 2018. Momo (motivation and mobility) ini terinspirasi dari hewan Elang Bondol (haliastur indus) yang merupakan mascot Jakarta. Burung elang ini hanya hidup di area Kepulauan Seribu yang mudah dikenali dari warnanya yang putih terang dari kepala hingga dada, dan bagian tubuhnya yang lain berwarna coklat gelap.

Fakta kelima adalah konsep logo dari Asian Para Games 2018 adalah “harmoni”. Dengan bentuk melingkarnya, logo tersebut merepresentasikan harmoni/keseimbangan yang dibentuk dari keberagaman negara di seluruh Asia yang kesemuanya bersama-sama dengan harmoni bersinar ke dunia sebagai “energy of Asia”.

Nah, bentuk-bentuk yang membentuk lingkaran dalam logo tersebut merepresentasikan siluet dari stadion Gelora Bung Karno yang akan menjadi lokasi utama dari perhelatan Asian Para Games 2018. Warna-warna yang ada dalam lingkaran tersebut juga memiliki simbol. Biru merepresentasikan langit, orange merepresentasikan matahari, hijau merepresentasikan alam, ungu merepresentasikan kedekatan dan merah merepresentasikan semangat. (Lin)

(wd)