Hard News

Wooww…. Ternyata Ada Bungker Kuno di Balaikota Surakarta

Jateng & DIY

4 Januari 2018 08:56 WIB

Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo saat berada di dalam bungker Balaikota Surakarta. (solotrust.com/daw)

SOLO, solotrust.com- Satu dari dua bungker di kompleks Balaikota Surakarta telah ditemukan dan telah selesai direstorasi akhir tahun 2017 lalu. Bunker berukuran 16 kali 24 meter tersebut memiliki dua pintu dengan dua jalur yang saling terhubung.  

Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mempersilakan masyarakat Surakarta atau siapa saja untuk memakai bunker secara gratis. Bahkan masyarakat diperbolehkan menggunakan bungker untuk berbagai acara sosial kemasyarakatan.  



Rudy panggilan akrab FX Hadi Rudyatmo mengatgakan, cagar budaya berupa bungker ini dahulu digunakan Belanda sebagai bangunan pelindung. Belanda membangun bungker yang kokoh sebagai persembunyian saat perang maupun ketika mengirimkan barang.  

“Di sini ada gazebonya, pos jaga. Misalkan ada peperangan masuk sini sudah aman ini di “bleng” (dibom -red) juga ndak jebol.” Tutur Rudy.

Rudy menambahkan, terdapat dua bungker di kompleks Balai Kota Surakarta, namun baru satu yang ditemukan. Pemerintah pun berencana membangun kembali gazebo di atas bungker, agar lebih menarik minat wisata masyarakat. (daw) 

(wd)